Selalu Gugup Menghadapi Petugas Bea Cukai? Siapkan Jawaban Pertanyaan Ini

(Business Lounge – Travel)  Perjalanan internasional sering kali menjadi suatu perjalanan yang sangat mengesankan. Terlepas dari negara apa yang Anda kunjungi, namun sesuatu yang baru akan selalu membangkitkan keingintahuan Anda. Mungkin saja Anda akan menyimpan benda-benda yang dapat menjadi souvenir, beberapa hadiah, atau mungkin Anda memang meluangkan waktu untuk berbelanja untuk keperluan Anda sendiri. Sesuatu yang sangat menyenangkan. Namun sering kali rasa antusias itu sejenak terhenti ketika Anda harus melewati pos pemeriksaan Bea Cukai. Saya jamin tidak ada wisatawan yang merasa menikmati saat harus berhadapan dengan petugas Bea Cukai dengan pandangannya yang seolah-olah hendak menyelidiki isi kepada Anda.

Selain mengisi formulir standar pada pesawat atau kapal yang masuk, Anda mungkin dipaksa untuk mengingat semua yang telah bawa dan kemas dalam perjalanan Anda. Hal ini dapat menjadi hal yang meresahkan bahkan menakutkan. Namun sesungguhnya Anda dapat mempersiapkan diri untuk dapat melewati pos pemeriksaan bea cukai dengan cepat dan mudah.

Berikut adalah lima pertanyaan umum yang dapat ditanyakan pada Anda pada pos pemeriksaan Bea Cukai baik saat Anda pergi dari atau kembali ke negara tujuan Anda.

Apa tujuan untuk perjalanan Anda?
Dalam kebanyakan kasus, ini akan menjadi pertanyaan pertama yang harus Anda jawab pada pos pemeriksaan. Tujuan perjalanan Anda akan menentukan jenis visa yang Anda butuhkan untuk memasuki negara itu, karena itu penting untuk selalu mengurus visa yang sesuai dengan tujuan perjalanan Anda. Penting untuk selalu jujur tentang rencana Anda untuk memasuki sebuah negara.

Berapa lama Anda akan tinggal?
Ini adalah pertanyaan yang sangat umum. Petugas bea cukai akan menanyakan pertanyaan ini untuk menilai apakah Anda memenuhi syarat untuk memasuki negara itu dan apakah sesuai dengan jenis visa kunjungan Anda. Jika Anda tidak memiliki rencana yang konkret maka Anda dapat dikuatirkan dapat menjadi imigran.

Tergantung pada panjang kunjungan Anda, namun bersiaplah untuk menjelaskan mengapa Anda tinggal di negara itu selama jumlah waktu tersebut. Jangka pendek (kurang dari seminggu) dan jangka panjang (lebih dari satu bulan). Biasanya akan ada tindak lanjut untuk mengetahui mengapa Anda akan berada di sana untuk jumlah waktu tersebut, dan apa yang akan Anda lakukan saat Anda berada di sana.

Di mana Anda akan tinggal?
Sama seperti pertanyaan di atas, petugas Bea Cukai akan mengajukan pertanyaan ini untuk memastikan tidak ada risiko bahwa Anda akan menjadi imigran. Memberikan jawaban yang sangat generik, seperti “di hostel” atau “dengan teman” akan meningkatkan kecurigaan petugas. Karena itu berikanlah nama hotel yang Anda tuju atau alamat teman yang akan Anda tumpangi. Memiliki informasi rinci tempat tinggal Anda akan dapat mempercepat proses pemeriksaan.

Apa pekerjaan Anda?
Di era modern, pertanyaan ini akan semakin diminta untuk dijawab dengan lebih detil. Pekerjaan Anda tidak hanya menjadi indikator kapasitas keuangan Anda saat Anda berada di negara ini, tetapi juga cara yang baik untuk menganalisis perilaku Anda. Karena itu jujur dan terus teranglah tentang pekerjaan Anda. Namun perlu diketahui bahwa untuk pekerjaan-pekerjaan tertentu seperti travel writeratau penegak hukum” biasanya akan mendapatkan pertanyaan-pertanyaan lanjutan.

Apakah Anda punya sesuatu untuk dinyatakan?
Tergantung tujuan atau asal Anda. Beberapa benda tertentu mungkin dibatasi atau dilarang di tempat tujuan Anda. Memasuki Amerika Serikat, makanan siap saji dapat dibawa tanpa pemeriksaan. Namun, daging, buah-buahan, dan sayuran dapat diperiksa lebih teliti bahkan kemudian disita.

Beberapa barang diembargo mungkin juga tidak akan dibawa kembali, tergantung pada negaranya. Bagi AS, ini mencakup banyak item yang berasal dari Kuba, Myanmar, Iran, atau Sudan. Karena itu selalu simpan daftar barang Anda ketika akan melalui pos pemeriksaan, dan pastikan untuk menyatakan semua barang yang dibeli di luar negeri akan Anda bawa pulang kembali.

nancy/VMN/BL/Journalist
Editor: Ruth Berliana
Image : wikipedia