(Business Lounge – Tech & Gadget) Smartphone Android pertama BlackBerry Priv semakin mendekati hari peluncurannya. Bukan rahasia lagi kalau perusahaan asal Kanada ini dikenal memiliki tingkat keamanan dan layanan yang sangat baik dari produk yang dimiliki.

Itulah sebabnya muncul pertanyaan yang membuat ragu para penggemar saat perusahaan justru memilih untuk menggunakan salah satu platform mobile yang paling tidak aman ke dalam Priv. Seperti kita ketahui sistem operasi milik Google yaitu Android memang dikenal paling rentan terhadap berbagai macam serangan malware.

Atas pernyataan miring tersebut, BlackBerry menjelaskan bahwa perusahaan telah bekerja sama dengan Google untuk menggabungkan platform mobile yang paling aman (BlackBerry) dengan ekosistem aplikasi yang paling fleksibel (Android).

Meski ada perubahan dalam perangkat yang dibesut, BlackBerry tetap mengedepankan kemampuan unggulan yang dimiliki dengan mempertahankan komponen Hardware Root of Trust pada perangkat, yang mendorong kunci kriptografi ke perangkat sehingga memberikan keamanan untuk seluruh platform.

Selain fitur tersebut, BlackBerry juga menambahkan teknologi “Verified Boot dan Secure Bootchain,” yang menggunakan kunci yang ditanam untuk memeriksa setiap lapisan perangkat sampai ke sistem operasi, untuk memastikan apakah perangkat dan sistem operasi mengalami gangguan atau kerusakan.

BlackBerry Priv juga dibangun dengan sistem “hardened Linux kernel”, yang berfungsi untuk lebih meningkatkan keamanan. Priv bahkan telah menggunakan aplikasi baru yang disebut DTEK. Aplikasi ini dirancang untuk membantu pengguna Priv mengelola dan melindungi privasi pengguna.

DTEK akan menyediakan berbagai informasi kepada pengguna, seperti aplikasi yang mengakses data personal dan menunjukkan keamanan secara keseluruhan dari perangkat pengguna berdasarkan beberapa aspek seperti kekuatan kata sandi, pengaturan enkripsi dan aplikasi yang dipasang pada perangkat.

BlackBerry Priv dijadwalkan rilis pada awal November, yang didukung oleh sistem operasi Android Lollipop langsung dari box. 

Jadi, para penggemar BlackBerry tidak perlu mempertanyakan lagi tentang keamanan Priv yang menggunakan platform Android di dalamnya, karena BlackBerry berjanji bahwa smartphone ini tetap mengedepankan fitur keamanan dan privasi tingkat tinggi seperti perangkat BlackBerry lainnya.

yusnia/VMN/BL/Journalist
Editor : Evi Fog

Leave a Reply

Your email address will not be published.