Jack Ma Menjadi Penasehat Bisnis David Cameron

(Business Lounge – Global News) Salah satu orang terkaya di Tiongkok yaitu pendiri Alibaba Jack Ma, telah ditunjuk oleh Perdana Menteri Inggris David Cameron untuk menjadi penasehat dalam bisnis, demikian seperti dilansir oleh Downing Street pada Senin (19 Oktober).

Pengumuman itu datang sehari sebelum kunjungan kenegaraan yang dilakukan oleh Presiden Tiongkok Xi Jinping ke Inggris dan yang akan berlangsung selama empat hari. Xi Jinping sedang berupaya untuk meningkatkan hubungan bisnis dengan kekuatan ekonomi terbesar kedua di dunia.

Juru bicara Cameron mengatakan kepada wartawan bahwa keduanya bertemu pada Senin (19/10) dan Ma yang saat ini menjabat sebagai chairman Alibaba Group, akan bergabung dengan kelompok penasehat bisnis perdana menteri. Bos e-commerce ini akan memberikan bantuan tertentu dan saran tentang cara untuk mendapatkan bisnis kecil dan menengah di Inggris guna meningkatkan ekspor mereka dan khususnya mengakses pasar Tiongkok melalui platform seperti Alibaba.

Cameron dan menteri keuangan George Osborne juga percaya bahwa hubungan dekat dengan Tiongkok sangat penting untuk memperkuat pertumbuhan ekonomi Inggris dalam beberapa dekade mendatang. Bisnis Advisory Group milik Cameron yang beranggotakan 19 orang pada bulan Juli lalu, rata-rata mereka adalah kepala eksekutif perusahaan-perusahaan ternama Inggris, termasuk kepala BP, Easyjet, dan Rolls Royce dan keanggotaan ini tidak dibayar.

nancy/VMN/BL/Journalist
Editor: Ruth Berliana