Kekayaan Bawah Laut Batu Bolong, Indonesia

Batu Bolong 3

(Business Lounge – Travel) – Bagi para pecinta snorkeling dan diving, nama Batu Bolong memang sudah tak asing lagi. Bagaimana tidak, di tempat itulah ribuan ikan berwarna-warni serta terumbu karang beraneka warna dan bentuknya siap menyambut para wisatawan. Ya, Batu Bolong memang menjadi salah satu tujuan wisatawan yang mengunjungi Komodo National Park di Flores, Nusa Tenggara Timur, Indonesia. Dinamakan Batu Bolong, karena disana akan terlihat seperti batu karang tinggi dengan tengahnya yang bolong. Namun, bukan batu karang itu daya tarik utamanya, tetapi justru berbagai jenis ikan dan terumbu karang berwarna-warni yang ada di bawah lautnya.

Batu Bolong 4

Labuan Bajo 9

Banyak hal menarik yang dapat dilihat di Batu Bolong, Nusa Tenggara Timur, Indonesia. Ketika Anda snorkeling, mata Anda tentunya langsung dimanjakan oleh ratusan ikan yang terlihat melamun memandangi Anda. Warna-warni ikan yang terlihat, juga kekayaan terumbu karangnya, bagaikan harmoni laut yang indah dilihat mata. Batu Bolong memang menawan. Siapa yang tak bahagia, ketika mencelupkan kepala ke laut, langsung disuguhkan  pemandangan indah yang menyegarkan mata.

Batu Bolong memang merupakan salah satu primadona dari Komodo National Park. Terletak di antara Pulau Komodo dan Pulau Tatawa Kecil, tempat ini memang menyuguhkan pemandangan alam yang tak terlupakan. Namun, ketika sedang snorkeling maupun diving, Anda tetap harus berhati-hati, karena arus disana terkadang cukup kencang. Jadi, dianjurkan ketika Anda sedang snorkeling maupun diving, untuk tetap didampingi oleh pemandu yang berpengalaman.

Batu Bolong 6

Batu Bolong 5

Batu Bolong 8

Banyak hal yang bisa dilihat di Batu Bolong selain ikan yang berwarna-warni serta terumbu karangnya. Anda bisa juga menyaksikan burung berwarna putih yang berterbangan di sekitar Batu Bolong, dan juga menyaksikan penyu berukuran besar yang berenang di laut. Selain itu, langit biru yang bersih, pastinya menjadi daya tarik yang tak terlupakan bagi Anda yang memandangnya. Menyenangkan sekali, bukan?

Batu Bolong 7

Meskipun wisatawan harus berhati-hati dengan arus di Batu Bolong, namun arus itu jugalah yang sebenarnya membuat Batu Bolong menjadi tempat yang dipenuhi berbagai jenis ikan serta ditumbuhi karang-karang yang tak terkatakan indahnya. Keindahan bawah laut Batu Bolong, memang sudah pasti membuat para penyelam terlena. Tetapi, ditegaskan bahwa para penyelam maupun wisatawan yang sedang snorkeling, tetap harus berhati-hati ketika menikmati keindahan Batu Bolong, karena arus yang ada disana terkadang tak terduga.

Batu Bolong 1

Batu Bolong 2

Keindahan Batu Bolong memang memberikan kesan yang menyenangkan bagi siapapun yang melihatnya. Kekayaan bawah lautnya, tentu membuat setiap orang yang melihatnya berdecak kagum. Pesonanya memang mampu menarik para penyelam untuk mengeksplorasi keindahannya. Tetapi, bagi para penyelam yang masih pemula, dan juga wisatawan yang ingin snorkeling, demi keamanan tetap dianjurkan untuk tidak menyelam maupun snorkeling sendirian. Adalah lebih baik jika tetap didampingi oleh pemandu lokal, karena bagaimanapun mereka lebih mengerti kondisi yang ada disana. Terlepas dari segala fakta, memang tidak dapat dipungkiri, keindahan Batu Bolong selalu mempesona bagi para penyelam yang ingin mengeksplorasi kekayaan bawah laut Indonesia.

Zefanya Jodie/Head of Vibiz Learning Centre Vibiz Consulting/VMN/BL
All photos by Business Lounge Journal / Tan Yoh
Editor : Fanya Jodie