(Business Lounge – Global News) Alibaba Group Holding Ltd terus berupaya melakukan ekspansi. Salah satunya dengan mengajukan penawaran untuk membeli Youku Tudou seharga USD 3,5 miliar atau sekitar IDR 49 triliun. Langkah memiliki perusahaan yang dianggap sebagai YouTube-nya Tiongkok ini diharapkan akan memberikan perusahaan raksasa e-commerce ini untuk mengakses lebih dari setengah miliar pengguna video online.

Tawaran dan kepercayaan dari pendiri Alibaba, Jack Ma, membuat Youku Tudou yang merupakan perusahaan terbaru dari serangkaian perusahaan listed Tiongkok diambil alih oleh pemegang saham besarnya. Berbagai pendapat mengatakan bahwa Alibaba membutuhkan lalu lintas yang dapat diakomodir oleh video online atau video mobile.

Alibaba untuk pertama kali membeli ke Youku Tudou pada pertengahan tahun 2014, dengan mengakuisisi saham sekitar 18 persen sebagai bagian dari usaha untuk berbisnis pada segmen video online. Penawaran Alibaba untuk membeli 82 persen saham Youku Tudou seharga USD 4,6 miliar. Namun kesepakatan terakhir Alibaba akan membayar USD 3,5 miliar dengan mempertimbangkan USD 1,1 miliar dari kas buku Youku Tudou ini.

Youku Tudou mengatakan semua tawaran tunai sudah mendapat dukungan dari ketua dan kepala eksekutif, Victor Koo. Koo, alumnus Bain & Co yang memegang gelar MBA dari Stanford University, memiliki sekitar 18 persen dari Youku Tudou, demikian seperti dilansir oleh Reuters.

Menjadi Sebuah Ancaman

Meskipun Youku belum memperoleh keuntungan, namun penggunanya sudah mencapai lebih dari 500 juta per bulan sehingga menyediakan platform yang sangat besar untuk ambisi Alibaba untuk menjual Film secara online dan televisi. Hal ini sekaligus menimbulkan potensi ancaman untuk rencana Netflix bagi Tiongkok yang ingin memperluas ekspansinya secara agresif di luar negeri sebab peluang untuk tumbuh di pasar dalam negeri telah menjadi langka. Layanan berlangganan Youku Tudou ini sudah menawarkan film Hollywood dan Tiongkok.

Chief Executive Alibaba Daniel Zhang seperti dilansir oleh Reuters mengatakan bahwa produk digital, terutama video, sama pentingnya dengan barang fisik dalam e-commerce. Sedangkan konten video berkualitas tinggi Youku akan menjadi komponen inti dari penawaran produk digital Alibaba di masa depan.

Youku Tudou adalah salah satu perusahaan dari 30 perusahaan Tiongkok yang terdaftar di Amerika telah menerima tawaran untuk menjadi perusahaan probadi pada tahun ini, demikian seperti dilansir oleh Reuters.

Selain itu, Alibaba juga mendapatkan penawaran untuk membeli perusahaanpembuat software keamanan Qihoo 360 Technology Co Ltd untuk sekitar USD 10 miliar pada bulan Juni.

nancy/VMN/BL/Journalist
Editor: Ruth Berliana
Image : Business Lounge Journal

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.