Leadership Tips: Memimpin sambil Mencetak Pemimpin

(Business Lounge – Lead and Follow) Sebagai seorang pemimpin, saya jamin bahwa Anda menginginkan anak buah Anda memiliki prestasi yang tentu saja akan mendukung performance Anda. Namun demikian pada kenyataannya, tidak semua memiliki prestasi yang sama, karena itu Anda pasti akan berupaya untuk memberikan perhatian pada mereka yang memiliki performance paling rendah dan berupaya memberikan pengembangan untuk dia dapat meningkat dalam prestasinya. Sedangkan untuk yang telah berprestasi maka Anda pun menginginkan untuk mereka tetap mempertahankan prestasinya bahkan supaya dapat meningkat lebih lagi.

Ada banyak cara yang dianggap efektif untuk terus membantu anggota kelompok dalam mempertahankan prestasinya. Misalnya saja dengan memberikan arahan langsung secara berkala kepada karyawan untuk apa yang harus dilakukan. Namun itu bukanlah cara satu-satunya yang dapat Anda lakukan. Anda akan dapat berhasil apabila Anda dapat mencetak banyak pemimpin pada perusahaan Anda.

Mencetak Pemimpin

Akan sangat berbeda apabila Anda memperlakukan karyawan Anda sebagai seorang karyawan dibandingkan apabila Anda memperlakukan mereka sebagai calon pemimpin. Apabila Anda menyadari bahwa mereka adalah calon pemimpin maka Anda akan mempersiapkan mereka dan membekali mereka dengan segala sesuatu yang berguna bagi mereka sebagai seorang pemimpin. Percayalah bahwa kepemimpinan yang kuat adalah salah satu pilar kesuksesan sebuah organisasi. Tidak semua orang dilahirkan dengan keterampilan memimpin namun ukan berarti tidak dapat menjadi pemimpin. Karena itu, Anda perlu untuk mengasah dan membentuk mereka yang ada di bawah kepemimpinan Anda untuk menjadi seorang pemimpin.

Ingat, bahwa Anda tidak dapat memimpin seorang diri. Hal ini tidak akan membawa keberhasilan bagi organisasi Anda. Tetapi Anda perlu mencetak pemimpin-pemimpin lainnya yang akan memimpin bersama-sama dengan Anda.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Harvard Business Review Analytic Service bahwa 79 persen dari eksekutif global percaya bahwa kurangnya kemampuan kepemimpinan garis depan akan berdampak negatif pada kinerja perusahaan.

 Menumbuhkan Nilai-nilai Kepemimpinan

Sangat penting untuk menanamkan nilai-nilai sesuai dengan visi yang Anda miliki tetapi lebih penting lagi menumbuhkannya dengan memberikan contoh hidup dari diri Anda sendiri. Sedini mungkin, Anda harus membentuk nilai-nilai yang telah Anda rumuskan dan menghidupinya. Hal ini akan sangat efektif jika Anda pun memimpin dengan karakter yang Anda miliki sesuai dengan nilai-nilai tersebut. Memberikan contoh dengan menghidupinya akan jauh lebih efektif daripada memberikan teori semata-mata.

Bukan Semata-mata Untuk Anda

Penting bagi Anda untuk menyadari, melakukan, menyatakan secara beruang-ulang bahwa apa yang sedang Anda dan tim lakukan bukanlah untuk Anda, tetapi untuk perusahaan dan untuk semua tim. Jika Anda mengarahkan semua tim selalu untuk melakukan yang terbaik untuk diri Anda maka kelak Anda hanya akan mencetak orang-orang yang berprinsip ABS atau “Asal Bapak Senang”. Mereka hanya akan berupaya untuk menyenangkan hati Anda atau hanya mencari pujian sendiri. Tetapi itu tidak akan menumbuhka mereka menjadi seorang pemimpin masa depan yang berguna bagi perusahaan.

Berbicara Kepada Para Pemimpin

Apabila Anda memandang seluruh tim Anda sebagai calon pemimpin, maka Anda pun akan memperlakukan mereka sebagai pemimpin. Bagaimana Anda berbicara kepada mereka, bagaimana Anda memperlakukan mereka, dan bagaimana Anda memberikan arahan tentu saja tidak sembarang, melainkan dengan menempatkan mereka pada jajaran seorang pemimpin.

Memperlakukan mereka hanya sebagai “suruhan” sama sekali tidak akan mengembangkan mereka.

ruth_revisiRuth Berliana/VMN/BL/Managing Partner Human Capital Development