Keuntungan Menggunakan Jasa Influencer

(Business Lounge – Dominate The Market) Beberapa waktu lalu saya telah menulis artikel mengenai influencer yang berjudul Tips Menemukan Influencer di Media Sosial. Seperti yang telah saya tulis sebelumnya, bahwa influencer adalah seseorang yang mampu mempengaruhi orang lain. Influencer di dalam media sosial artinya kemampuan untuk mempengaruhi orang banyak melalui Facebook, Twitter, Google+, Instagram dan media sosial lainnya. Influencer juga adalah seseorang yang opininya didengar banyak orang, dipercayai, dan membuat orang lain bereaksi setelahnya.

Mengapa sebuah bisnis memerlukan jasa influencer ?
Jasa influencer mampu memotong biaya komunikasi dan memberikan dampak yang sangat besar dalam berkomunikasi dengan kelompok audience. Ketika sebuah bisnis menggunakan influencer untuk memasarkan produknya di media sosial, tentu audience atau pengikutnya akan lebih percaya pada produk yang ditawarkan oleh mereka yang mereka percaya.

Dimulai dari konten
Bill Gates pada tahun 1996 lalu memberikan statement “content is king”. Ya, hingga saat ini apa yang dikatakan oleh pendiri Microsoft tersebut bahwa “konten adalah raja” sangatlah benar. Ketika Anda ingin menciptakan sebuah kesadaran atau hendak memulai percakapan dengan seseorang, maka sebuah konten adalah sesuatu yang sangat penting untuk dikerjakan sebaik mungkin.

Konten yang baik adalah seperti halnya bahan bakar yang mampu membuat sebuah kendaraan berlari sangat kencang. Pada semua kampanye yang Anda buat, pastikan bahwa kampanye tersebut disponsori juga oleh influencer, meskipun masing-masing influencer memiliki cara yang berbeda untuk mensukseskan kampanye yang ada.

Ciri-ciri yang dimiliki oleh influencer

1. Kreatif
Influencer haruslah memiliki kreatifitas yang unik. Dengan kreatifitas yang dimilikinya, influencer mampu membuat konten yang original dan menarik sehingga membuat orang lain menyukainya. Influencer dapat menampilkan humor, komentar ataupun berbagai cerita yang berkaitan dengan kehidupan mereka, sehingga membuat orang lain percaya terhadap apa yang ditawarkan.

2. Memiliki keahlian khusus
Influencer bisa jadi adalah seorang blogger yang memiliki banyak pengikut di setiap tulisannya, atau seorang juru masak terkenal ataupun seorang fashionista yang selalu trendy pada gaya berpakaiannya. Dengan keahlian khusus yang dimiliki, tentu apa yang mereka rekomendasikan akan memberikan dampak yang sangat berarti pada sebuah brand atau bisnis.

3. Kemampuan menggambar
Sebuah gambar dapat berbicara jauh lebih banyak dari ribuan kata-kata. Sebuah gambar yang di-posting dengan baik cenderung akan diterima lebih baik oleh mereka yang melihatnya.

4. Iklan berbayar
Hampir semua media sosial yang ada saat ini menyediakan tempat untuk beriklan. Dengan media berbayar yang disediakan, maka sangat kecil kemungkinan sebuah brand atau bisnis dapat memperoleh engagement secara organik.

Namun perlu diperhatikan, tidak selalu iklan berbayar mampu meningkatkan brand atau penjualan sebuah produk. Untuk itu, penting sekali bagi Anda mengetahui siapa partner yang akan diajak bekerjasama guna mengiklankan brand atau bisnis Anda.

Setelah mengetahui apa itu influencer dan keuntungannya bagi sebuah bisnis, kini saatnya menentukan influencer yang tepat bagi bisnis Anda. Semoga berhasil.

Lidia Wulan

Lidia Wulan/VMN/BL/Head of Vibiz Internet Marketing Academy
Editor: Ruth Berliana