Jeff Bezos CEO Terbaik Dunia versi HBR

(Business Lounge – Global News) Harvard Business Review (HBR) baru-baru ini mengeluarkan daftar CEO dengan performance terbaik untuk tahun 2014. Salah satu pertimbangannya adalah bagaimana mereka dapat menghasilkan kinerja dengan hasil yang baik untuk jangka panjang. Sebab disadari benar bahwa dapat dianggap sebagai suatu kelemahan apabila para pemimpin tinggi hanya lebih berfokus kepada pencapaian jangka pendek untuk mengangkat pencapaian tujuan jangka pendek. HBR telah memilih 100 CEO terbaikdunia yagsangat variatif dan yang mewakili 22 negara kehormatan serta nilai-nilai pribadi yang tak terhitung jumlahnya dan gaya.

Metodologi

HBR memutuskan untuk membuat proyek ini secara ilmiah berdasarkan data yang ada dan bukan berdasarkan pada reputasi atau anekdot. Secara khusus, HBR mempertimbangkan peningkatan total laba pemegang saham dan kapitalisasi pasar.

Pertama-tama, HBR mengidentifikasi perusahaan yang pada akhir tahun 2013, berada di S & P global 1200, indeks yang meliputi 70% dari kapitalisasi pasar saham dunia dan terdiri dari perusahaan-perusahaan di Amerika Utara, Eropa, Asia, Amerika Latin, dan Australia. Para CEO kemudian diidentifikasi berdasarkan perusahaannya saat ini. Untuk memastikan bahwa HBR memiliki data yang dapat diandalkan dan terfokus pada kinerja jangka panjang, HBR mengecualikan CEO yang diasumsikan telah berperan sebelum 1995 atau setelah tanggal 30 April 2012. Selain itu semua eksekutif yang telah dihukum atau ditangkap juga tidak diikutsertakan. Akhirnya tersisa 832 CEO dari 827 perusahaan dengan rata-rata masa memimpin lebih dari 7 tahun, mewakili 43 negara (sesuai dengan kewarganegaraan mereka) dan memiliki 30 basis negara.

Tim riset HBR kemudian menarik data keuangan dari Datastream dan Worldscope dan menghitung laba perusahaan harian (termasuk dividen yang diinvestasikan kembali) untuk setiap CEO dari hari pertama  dia menjabat sampai dengan 30 April 2014. Dari data tersebut kemudian dihitung tiga jenis angka: country-adjusted returns (yang mengecualikan peningkatan laba yang disebabkan hanya untuk perbaikan di pasar saham lokal), industry-adjusted returns (yang mengecualikan kenaikan yang dihasilkan dari meningkatnya kekayaan untuk industri secara keseluruhan), dan perubahan dalam kapitalisasi pasar (diukur dalam disesuaikan dengan inflasi dolar AS, dengan menggunakan nilai tukar 2012).

Kemudian setiap CEO tersebut di-ranking untuk setiap metrik-dari 1 (terbaik) ke 832 (terburuk) -dan dihitung rata-rata dari tiga peringkat untuk setiap CEO untuk membuat peringkat akhir secara keseluruhan. Menggunakan tiga metrik merupakan pendekatan yang seimbang dan kuat: sementara dua risiko pertama yang condong ke arah perusahaan yang lebih kecil (lebih mudah untuk mendapatkan hasil yang besar jika Anda mulai dari basis yang kecil), yang ketiga adalah condong ke arah perusahaan besar.

Selain itu HBR juga mengumpulkan biodata setiap CEO dan dilakukan analisis regresi pada data. Hal ini memungkinkan HBR untuk melakukan kontrol untuk beberapa faktor dan menyingkirkan efek pribadi seperti memiliki gelar MBA atau gelar teknik, atau menjadi pendiri perusahaan.

Daftar HBR tentang CEO berkinerja terbaik di dunia disusun oleh Morten T. Hansen, Herminia Ibarra, dan Urs Peyer. Peringkat sebelumnya diterbitkan pada Januari-Februari 2010 dan Januari-Februari 2013, tetapi metodologi telah diperbarui untuk daftar 2014.

10 CEO Terbaik Dunia

10 CEO Terbaik DuniaJeff Bezos pendiri Amazon menduduki peringkat pertama walaupun ia tidak memiliki gelar MBA. Sedangkan pada peringkat dua diduduki oleh John Martin, CEO Gilead Sciences, dan John Chambers, CEO Cisco Systems.

citra/VMN/BL/Journalist
Editor: Ruth Berliana
Image : flickr – Peter Stevens