(Business Lounge – Operate Eficiently) Melanjutkan rahasia Jack Dorsey, John Lee Dumas, dan Steve Jobs dalam membagi hari sesuai dengan subject-subject tertentu maka hal ini dapat diterapkan bagi Anda yang mulai berkecimpung dalam dunia entrepreneur. Sangat dipahami bahwa kemungkinan besar Anda akan menanggungjawabi semuanya sendiri atau berbgai tugas dengan rekan Anda, tetapi jangan kuatir, Anda harus membiasakan dapat menangani semuanya dengan tetap meng-cover semuanya.

Maksud saya adalah Anda memang akan menangani bisnis Anda mulai dari produksi, promosi hingga penjualan. Dengan kondisi Anda harus menguasai A – Z produksi, A – Z promosi, dan A – Z penjualan dan demikian seterusnya. Sehingga Andalah orang yang paling menguasai bisnis Anda. Karena itu ada baiknya Anda membagi hari-hari Anda juga untuk fokus kepada hal-hal di atas. Hal ini sebagai upaya untuk dapat meningkatkan produktivitas Anda, juga apabila Anda tidak terbiasa untuk fokus. Berikut beberapa tips yang dapat Anda lakukan:

  • Pilihlah  satu hari dalam seminggu untuk mengadakan semua pertemuan internal Anda secara rutin. Saya pun melakukan hal yang sama selama bertahun-tahun untuk dapat mengadakan pertemuan rutin pada setiap hari Senin. Biasanya banyak orang memilih untuk melakukannya pada hari Senin sebagai hari pertama pada minggu yang baru sehingga berbagai keputusan dapat dilakukan dengan cepat yang sangat menentukan bagaimana satu minggu dapat berjalan. Pertemuan ini bisa saja hanya berlangsung 10 menit, tetapi pada minggu lainnya dapat berlangsung sampai satu jam. Keuntungan lainnya pertemuan rutin seperti ini adalah untuk dapat menghindari miskomunikasi. Namun setiap peserta dituntut untuk dapat memiliki komitmen untuk hadir dan memiliki kebiasaan untuk informatif. Sebab kesalahan berikutnya yang dapat terjadi adalah pada pertemuan tidak sampaikan hal-hal penting lalu berjalannya waktu ketika keputusan diperlukan maka terjadi keterlambatan sehingga komentar yang muncul biasanya adalah mengapa hal ini tidak dibicarakan pada pertemuan mingguan.
  • Pilihlah satu hari dalam seminggu untuk menjadi hari tanpa internal meeting (setidaknya dalam tim Anda). Maka ini akan menjadi hari yang sangat adalah satu hari dalam seminggu yang akan menjadi hari paling produktif. Kadang-kadang terlalu banyak meeting dapat menghambat produktivitas. Sehingga ada baiknya Anda memilih satu hari dan mengeksekusi semua rencana Anda pada hari tersebut.
  • Pilih juga satu hari dalam seminggu untuk menjadi hari administrasi. Ini adalah hari untuk membuat, mereview laporan pengeluaran, laporan kinerja, membaca laporan semua anggota tim, membaca semua email, dan memungkinkan untuk melakukan pertemuan mendadak untuk hal-hal yang tidak terkait langsung dengan tujuan utama Anda.
  • Pilih satu hari dalam seminggu untuk fokus pada pelanggan Anda (baik internal maupun eksternal). Ada baiknya hari ini Anda gunakan juga untuk melakukan kunjungan. Atau menghubungi beberapa pelanggan lewat telepon, makan siang bersama, dan upayakanlah untuk memberikan waktu Anda untuk mendengarkan umpan balik para pelanggan Anda dalam setiap pertemuan.

Walaupun bisnis yang saat ini Anda rintis belumlah besar, tetapi ada baiknya untuk mulai menerapkan hal ini untuk dapat melatih diri Anda fokus dan terorganisir. Hal ini akan membantu Anda mencapai produktivitas.

citra/VMN/BL/Journalist
Editor: Ruth Berliana
Image : Business Lounge Journal

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.