Inti Keberhasilan Seorang Entrepreneur : Sanggup Menyelesaikan Masalah!

(Business Lounge – Empower People) – Belum lama ini, saya menyaksikan sebuah tayangan video di YouTube yang menampilkan seorang anak penjual krim nanas yang akhirnya berhasil mendapatkan beasiswa dan menjadi seorang sarjana. Dalam kisah nyata tersebut, diperlihatkan seorang ibu dan anak perempuannya. Ibunya tidak pernah mengenyam bangku sekolah sehingga tidak tahu mau mengajari apa kepada anak perempuannya. Tetapi ibunya yang adalah penjual buah keliling, dengan tekun mengumpulkan uang agar anak perempuannya bisa bersekolah dan mendapatkan kehidupan yang baik. Suatu saat, sang ibu melihat anak perempuannya ingin mencicipi es krim, namun apa daya uangnya tak cukup untuk membelikan es krim kepada anaknya. Akhirnya, pada saat anaknya sedang tertidur, ia membuat es dari nanas. Besoknya, anaknya mencicipinya dan berkata kepada ibunya bahwa es  tersebut rasanya lezat.

Cerita tersebut masih berlanjut sampai akhirnya sang anak mengusulkan kepada ibunya “mengapa kita tidak menjual es nanas ini?” Ibunya pun memberikan sang anak beberapa potong es nanas yang dimasukkan ke boks. Anaknya pergi kesana-kemari mencari pembeli, namun tak seorangpun mau membeli es nanasnya. Ia pulang dan bertanya kepada ibunya, mengapa tidak seorangpun membeli es krim nanasnya? Ibunya tidak memanjakannya, justru menyuruhnya ke pasar dan belajar sendiri bagaimana cara orang menjual. Dengan cepat, sang anak mengamati cara penjual di pasar, dan akhirnya ia menemukan cara menjual es nanasnya. Singkat cerita, es nanasnya laku keras, dan sang ibu merasa senang, karena sang anak sudah dapat menyelesaikan masalahnya seorang diri. Kini, sang anak, yaitu Achara Poonsawat atau ‘Nin’ sudah berhasil menjadi Sarjana dan memenuhi impiannya menjadi seorang guru.

What Entrepreneurial Lesson We Learn?

Mungkin Anda berpikir, apa kaitannya video ini dengan menjadi seorang entrepreneur? Kalau Anda perhatikan, sebenarnya ada pelajaran dari video ini yang penting untuk diketahui juga oleh seorang entrepreneur, yaitu menjadi seseorang yang inovatif.

Anda harus tahu, bahwa inovasi merupakan hal yang penting dari seorang entrepreneur. Dan, begitu banyak buku-buku yang mengajarkan bagaimana harus berinovasi, tetapi cara sederhana dalam berinovasi adalah seperti yang diajarkan ibunya Nin, yaitu : mengobservasi, menganalisa pasar, mencari ide yang cocok, serta mencobanya di pasaran.

Jika seorang entrepreneur berusaha untuk menjual produknya tetapi tak laku, jangan putus asa. Bukan produk Anda yang salah, tetapi mungkin cara Anda memasarkannya kurang menarik, atau Anda belum mengerti apa kebutuhan masyarakat yang sesungguhnya. Aplikasi mengenai inovasi itu sendiri, dalam video ini diperlihatkan, yaitu ketika Nin akhirnya menemukan cara pemasaran yang efektif, sehingga es nanasnya laku keras.

Jadi, sebagai seorang entrepreneur, jika Anda ingin sukses dalam melakukan inovasi produk, memang Anda harus mengobservasi dan menganalisa pasar, dan berdasarkan hasil analisa tersebut, barulah Anda bisa menemukan produk yang sesuai dengan keinginan masyarakat pada umumnya.

Things That All Entrepreneur Must Know : Ready To Take A Risk, And Able To Solve Every Problem!

Anda harus tahu, seorang entrepreneur, harus bisa melakukan 2 hal penting : berani mengambil resiko, dan bisa menyelesaikan masalahnya seorang diri!

Dunia entrepreneur, kelihatannya memang menarik. Tetapi persaingan di dalamnya, cukup banyak. Kita tidak bisa menghindari persaingan, tetapi harus menghadapinya dengan segala resiko. Dengan kata lain, Anda harus berani mengambil resiko jika pada awalnya bisnis Anda tidak kelihatan sukses di pasaran.

Selanjutnya, jika bisnis Anda kelihatannya tidak sukses di pasaran, jangan menyerah! Anda harus tahu, memang merupakan masalah ketika bisnis Anda tidak sukses pada awalnya, tetapi Anda jangan hanya diam dan menyerah, melainkan mencari cara menyelesaikan masalah bisnis Anda. Mencari cara bisa dilakukan dengan segala hal : mempelajari  dan mengobservasi kebutuhan konsumen, mempelajari kompetitor, serta jangan ragu untuk berinovasi. Hadapi dan selesaikan segala masalah, serta terus berusaha, maka pastinya Anda akan bisa menjadi seorang entrepreneur yang sukses pada akhirnya. Mungkin waktunya tidak sebentar, tetapi jangan pernah takut atau mundur dalam menghadapi masalah, karena seorang entrepreneur yang akan meraih sukses, adalah orang yang sudah terbiasa menyelesaikan masalahnya.

Zefanya Zefanya Jodie/Head of Vibiz Learning Centre Vibiz Consulting/VMN/BL