Marketing Tips: Langkah Sederhana Memulai Pemasaran

(Business Lounge – Dominate The Market) Bagi Anda yang baru saja berkecimpung di dalam dunia marketing, maka berikut adalah beberapa tips sederhana yang dapat Anda terapkan.

1. Mengenali dan memahami pelanggan.
Seperti pepatah mengatakan ‘tak kenal maka tak sayang’, maka demikianlah Anda dengan pelanggan. Semakin Anda mengenali pelanggan maka semakin dekat Anda kepada kesuksesan penjualan, dan demikian selanjutnya. Untuk membuat sebuah perencanaan penjualan yang efektif maka pastikanlah Anda memiliki informasi yang akurat mengenai pelanggan Anda, misalnya saja siapa pelanggan Anda, dari kalangan apa, range usia, bagaimana segmen pekerjaannya, latar belakang pendidikan, dan sebagainya. Semua data ini akan membantu Anda menawarkan produk yang sesuai dengan kebutuhan para pelanggan. Hal inilah yang menyebabkan tahapan ini menjadi tahapan yang paling penting dari proses pemasaran.

2. Lakukan observasi pada lingkungan pemasaran.
mengenali dan memahami pelanggan memang merupakan hal yang penting, tetapi melakukan observasi untuk menemukan peluang bisnis juga merupakan hal yang tidak kalah penting. Misalnya, ketika banyak toko online menawarkan layanan antar, maka bersiaplah untuk menghadapi sebuah persaingan sengit, kecuali Anda menawarkan layanan yang serupa.

3. Desain produk atau jasa sesuai dengan keinginan dan kebutuhan pelanggan
Setelah Anda memiliki rencana pemasaran yang sesuai, Anda perlu memastikan produk atau jasa yang disesuaikan dengan pelanggan Anda, mulai dari kemasannya dan bagaimana mempromosikannya. Pengusaha sering kali terperangkap untuk membuat produk yang mereka sukai, daripada merancang dan menyajikan produk yang sesuai dengan keinginan pelanggan.

4. Penting untuk memberikan layanan yang ramah dan efisien
Dunia pemasaran tidak dapat dipisahkan dari pemberian layanan yang baik. Karena itu penting untuk tetap dapat memberikan pelayanan yang baik seperti semua staff yang berikap ramah, sopan, selalu ingin membantu serta layanan yang cepat, baik itu dalam hal pengiriman maupun layanan komunikasi. Jangan lupa semua ini akan sangat mempengaruhi word of mouth dari setiap pelanggan yang akan membawa lebih banyak pelanggan lainnya. Apabila kemudian Anda mendapatkan keluhan maka jadikanlah itu kesempatan untuk membalikkan keadaan yaitu bagaimana pelanggan yang semula tidak puas menjadi ‘terobati’, yaitu dengan memberikan respon yang cepat dan positif. Keluhan yang ditangani dengan baik sering kali mendatangkan pelanggan yang setia, mereka akan memiliki kepercayaan untuk kembali lagi dan mengetahui apabila di kemudian hari terdapat kesalahan maka hal tersebut akan dapat diselesaikan dengan cepat.

5. Miliki strategi pemasaran
Hal ini mencakup iklan mulai dari desain, waktu, tempat, media, penggunaan kata-kata, dan sebagainya. Dengan demikian bukan berarti pelanggan dapat begitu saja
dibombardir dengan ratusan pesan pemasaran setiap harinya, hal ini akan mengganggu para pelanggan. Namun juga jangan sampai dikemas dengan begitu rupa namun pesan tidak sampai sesuai dengan apa yang ditargetkan. Pastikan pesan Anda jelas dan memiliki daya tarik bagi sebanyak-banyaknya calon pelanggan Anda. Libatkan emosional dan rasional untuk menunjukkan apa yang Anda jual dan mengapa mereka membutuhkannya.

6. Media Anda adalah Anda
Pastikan bahwa media yang Anda gunakan dalam berjualan dapat mereprestasikan Anda. Jika itu merupakan media online, maka pastikanlah Anda memelihara website Anda dengan sangat baik. Apabila media yang Anda gunakan merupakan toko atau kantor tempat para pelanggan datang, maka pastikanlah kantor Anda merepresentasikan diri Anda.

7. Miliki strategi harga
Jangan hanya menetapkan harga berdasarkan biaya produksi ditambah margin. Harga adalah alat yang ampuh untuk mencapai tujuan Anda. Harga tinggi berarti Anda cenderung untuk menjual lebih sedikit, tetapi dapat memberikan kesan produk premium. Harga rendah dapat memungkinkan Anda untuk masuk ke atau mendominasi pasar tertentu, meskipun ini mungkin berarti profitabilitas yang rendah dalam jangka pendek. Pastikan harga adalah bagian dari strategi yang lebih besar, dan memasukkan ini dalam rencana pemasaran Anda.

nancy/VMN/BL/Journalist
Editor: Ruth Berliana