Inisiatif Facebook dan PBB untuk Para Pengungsi Suriah

(Business Lounge – Global News) Perhatian dunia memang sedang tertuju kepada para pengungsi Suriah yang saat ini membantu pertolongan. Setelah McDonald melancarkan aksinya untuk menghimbau publik membantu para pengungsi, (Baca: Tolak Kerja Sama dengan BK, McD Galang Aksi Membantu Para Pengungsi), maka sekarang giliran Facebook bermurah hati untuk membantu para pengungsi.

Facebook bekerja sama dengan PBB memberikan akses internet kepada pengungsi dari perang saudara Suriah ini, agar mereka dapat berkomunikasi dengan lebih mudah sementara mencari pemukiman.

Facebook dalam Mendukung para Pengungsi

Dalam pidatonya di PBB pada hari Sabtu lalu, CEO Facebook─Mark Zuckerberg mengatakan koneksi internet di kamp-kamp pengungsi akan membantu para pengungsi untuk mendapatkan dukungan yang lebih baik dari bantuan masyarakat dan untuk menjaga hubungan dengan keluarga dan orang yang dicintai.

Bagi Zuckerberg, Internet merupakan lebih dari sekedar jaringan mesin, internet adalah pendorong utama kemajuan sosial dan ekonomi di zaman sekarang. Sebuah ‘Like’ atau posting di Facebook tidak akan bisa menghentikan tank atau peluru, tetapi CEO Facebook tersebut percaya, ketika orang-orang terhubung melalui internet, mereka memiliki kesempatan untuk membangun sebuah komunitas global umum dengan pemahaman bersama.

Zuckerberg yakin Internet adalah Solusi dari Kemiskinan

Zuckerberg menambahkan, akses ke web adalah kunci untuk meningkatkan kualitas hidup dan hal itu tidak hanya akan membantu orang untuk dapat berkomunikasi, tetapi juga dapat membantu mengeluarkan mereka dari kemiskinan. Zuckerberg mengatakan bahwa bahkan akses internet dasar dapat mengubah hidup seseorang. Salah satu yang dicontohkannya bahwa sebuah penelitian menemukan untuk setiap 10 orang yang mendapatkan akses ke internet, satu orang telah terbebas dari kemiskinan.

Facebook berjanji untuk membantu mendorong perekonomian negara-negara miskin dan berkembang.

Gerakan yang Akan Mengubah Kehidupan Sosial di Seluruh Dunia

Janji Zuckerberg menandai langkah terbaru Facebook, Google, dan perusahaan teknologi lainnya untuk memperluas konektivitas di seluruh dunia. Jika mereka berhasil maka miliaran orang akan dapat menggunakan layanan mereka, membantu untuk mewujudkan keinginan Facebook untuk menghubungkan semua orang dan mencapai tujuan Google untuk mengorganisir informasi dunia.

Membawa akses Internet kepada kamp pengungsian hanyalah salah satu aspek dari usaha Facebook. Facebook juga telah membangun satelit dan pesawat yang dapat memberikan koneksi internet ke desa-desa dan kota-kota terpencil. Google pun ikut terlibat dalam proyek serupa, menggunakan balon berketinggian tinggi.

Zuckerberg mengatakan 140 juta pekerjaan baru dapat dibuat dengan memperluas akses Internet, sehingga dapat membantu 160 juta orang yang sedang berjuang.

Pro dan Kontra

Meskipun terdengar seperti sebuah gerakan nirlaba, namun masih saja ada pendapat-pendapat miring mengenai niat baik Facebook dan beberapa perusahaan lainnya yang memandang bahwa ini merupakan aksi monopoli internet. Namun apa pun tudingan berbagai pihak, kenyataan bahwa internet akan membantu para pengungsi untuk menemukan kembali keluarganya atau untuk mendapat bantuan, perlu untuk diakui.

Selain itu, Facebook juga telah mengalami reaksi terhadap peluncuran Internet.org, sebuah organisasi nirlaba dibawah pimpinan Facebook. Setelah Internet.org diluncurkan di India pada bulan Februari lalu, beberapa perusahaan Internet menarik diri dari usaha tersebut, namun berbagai diskusi masih terus berlanjut berkaitan dengan hal ini.

Alvin Wiryo Limanjaya/VMN/BL/Contributor
Editor: Ruth Berliana
Image: Business Lounge