Sell Side Acquisition Private Company

(Business Lounge – Manage Your Business) Dalam proses akuisisi sebuah perusahaan maka terdapat dua belah pihak yang bertransaksi, satu perusahaan melakukan penawaran penjualan (sell–side), perusahaan kedua melakukan pembelian (buy-side). Dalam tulisan ini akan dibahas bagaimana proses yang dilakukan oleh perusahaan disisi penjual atau sering dikenal dengan sell side acquisition. Ketika sebuah perusahaan menawarkan asset, stock atau secara keseluruhan untuk dijual maka terdapat empat tahap yang perlu disiapkan untuk mencapai nilai jual yang tinggi.

Tahapan pertama persiapan pre-sale due diligence

Untuk mendapatkan nilai jual yang tinggi sangat diperlukan persiapan dokumen. Pada tahapan ini perusahaan harus mempersiapkannya dengan seksama. Pertanyaan para pembeli umumnya, mengapa perusahaan akan dijual, maka pihak manajemen memerlukan persiapan juga untuk menjawabnya, bukan dengan perkataan saja, namun perlu disiapkan beberapa presentasi agar dapat dijawab dengan jelas dan meyakinkan. Persiapan yang penting dalam tahapan ini adalah juga dokumen yang menjelaskan model bisnis dari perusahaan, keunggulan perusahaan dan hal-hal lain yang meningkatkan nilai perusahaan. Kendala-kendala yang mungkin timbul pada saat proses akuisisi perlu didaftarkan dan dicari tahu bagaimana jalan keluarnya. Selain itu, perusahaan mana yang ditargetkan akan membeli pada tahap ini sudah mulai dianalisa. Perjanjian untuk terjadinya akuisisi perlu dipersiapkan serta data keuangan saat ini dan proyeksinya diperlukan untuk keperluan penilaian perusahaan. Data room merupakan persiapan utama dalam tahap ini, disini perusahaan harus membangun tim untuk mempersiapkan data perusahaan. Penilaian perusahaan dipersiapkan untuk membantu investor atau pembeli melakukan evaluasi, dan terakhir adalah data information memorandum yang wajib dipersiapkan dalam tahapan ini sebagai executive summary perusahaan.

Tahapan kedua marketing the business

Setelah persiapan dokumen dilakukan maka selanjutnya perusahaan dapat memasarkannya ke target perusahaan, biasanya dilakukan dengan mendaftarkan perusahaan, mengirimkan information memorandum dan melakukan presentasi kepada mereka.

Tahapan ketiga buyer selection and due diligence

Umumnya para calon pembeli akan mengirimkan surat minat bila mereka tertarik pada perusahaan yang akan dijual. Di sini penting dilakukan evaluasi terhadap calon pembeli bagaimana kekuatan keuangan mereka melakukan pembeli, darimanakah sumber pembayaran mereka.

Tahapan keempat closing the transaction

Setelah calon pembeli menyatakan minatnya maka akan dilakukan due diligence dengan menggunakan data room yang telah dipersiapkan, waktu yang diperlukan cukup lama dalam tahapan ini. Apabila perusahaan merasa cukup maka mereka akan mengeluarkan penawaran kepada perusahaan dan dimulailah negosiasi untuk mendapatkan kesepakatan harga, apabila telah tercapai kesepakatan maka penting dituangkan dalam kontrak dan proses peralihan dilakukan, biasanya pada saat ini perusahaan akan mengumumkan kepada karyawan tentang perusahaan baru yang telah mengakuisisi.

Empat tahapan akuisisi perusahaan ini bisa berlangsung cepat dan tanpa kendala, bila dari sisi pembeli juga memiliki tahapan yang sesuai dengan perusahaan penjual atau dikenal dengan buy side acquisition.

Fadjar Ari DewantoFadjar Ari Dewanto/VMN/BD/Regional Head-Vibiz Research Center