(Business Lounge – Global News) Tempat di mana air Sungai Colorado bermuara dari Pegunungan Rocky yang bersalju ke daerah gersang di barat daya Amerika Serikat, disanalah terletak Danau Powell. Dengan kedalaman lebih dari 500 kaki (150 meter) dan dengan sisi ngarai yang sempit, garis pantai danau Powell lebih panjang dari seluruh Pantai Barat Amerika Serikat. Danau ini meluas hingga ke Utah dari Glen Canyon Dam di Arizona dan menyediakan air untuk Nevada, Arizona dan California.

Terjadi Kekeringan pada Danau Powell

Tapi kekeringan yang parah dalam beberapa tahun terakhir, dikombinasikan dengan penyadapan air danau oleh pihak yang tidak bertanggung jawab dan bagi banyak orang dianggap merupakan hal yang sangat mempengaruhi, telah mengurangi tingkat air menjadi hanya sekitar 42% dari kapasitas.

Puncak masuknya arus air ke Danau Powell terjadi di pertengahan hingga akhir musim semi, karena salju di pegunungan Rocky mencair. Tetapi sejak 2012, curah salju dan hujan telah menjadi rendah secara abnormal karena kawasan ini mengalami kekeringan terus-menerus.

Mungkin akan terjadi beberapa pemulihan selama beberapa tahun, terutama ketika musim dingin sedang luar biasa dingin, namun peneliti memperkirakan level air akan turun lagi karena suhu permukaan di wilayah tersebut terus meningkat.

Navigasi di atas air adalah sesuatu yang sulit, bila menggunakan peta danau yang menunjukkan wilayah yang seharusnya terdapat banyak air, justru sekarang hanya ada lahan kering. Di sekitar danau, bebatuan berwarna pucat yang mencolok telah terpapar akibat surutnya air.

Peringatan terhadap Barat Daya AS

Pada awal tahun ini Para ilmuwan dari NASA, serta dari universitas Cornell dan Columbia memperingatkan bahwa wilayah barat daya AS dan Central Plains kemungkinan akan hangus yang diakibatkan oleh “kekeringan super” sepanjang selama dua setengah abad ini jika perubahan iklim terus berlanjut.

Peneliti memperkirakan bahwa adanya peluang sebesar 80% terjadinya perpanjangan kekeringan yang akan terjadi di daerah barat daya, antara tahun 2050 dan 2099, kecuali bila langkah-langkah agresif segera diambil untuk mengurangi dampak perubahan iklim. Para peneliti mengatakan hasil penelitian mereka mengarah pada masa depan AS yang menantang dan sangat kering.

Jumlah orang yang tinggal di barat daya AS dan Central Plains dan volume air yang mereka butuhkan, telah meningkat pesat selama beberapa dekade terakhir. Hal ini diperkirakan akan terus berlanjut selama bertahun-tahun yang akan datang.

Gambar yang diambil satelit, yang dirilis oleh NASA pada bulan Juni, menunjukkan perubahan dramatis yang terjadi pada bagian timur laut danau antara tahun 1999 dan 2015.

Alvin Wiryo Limanjaya/VMN/BL/Contributor
Editor: Ruth Berliana
Image: NASA

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.