Sekarang Giliran Walmart Rekrut Karyawan Musimannya

(Business Lounge – Global News) Musim liburan memang akan segera tiba, semua peritel pun mulai bersiap. Sepeti Toys ‘R’ Us telah merencanakan akan merekrut tenaga musiman sebanyak 40,000 orang (Baca: Tidak Abaikan Hasil Umpan Balik, Toys ‘R’ Us Kurangi Rekrutmen), kini giliran Walmart yang menyampaikan bahwa raksasa peritek itu juga akan merekrut 60,000 tenaga musiman untuk bekerja pada toko-toko milik Walmart di seluruh Amerika.

Hal ini memang telah dilakukan setiap tahunnya, juga sama dengan tahun yang lalu sebab menjelang musim liburan akan menjadi musim yang sibuk untuk meningkatkan penjualan.

Pengecer terbesar di dunia ini akan membayar karyawan musimannya sesuai dengan tingkatannya, mulai dari minimal USD 9 per jam atau hampir IDR 130,000. Walmart berupaya untuk mencoba meningkatkan layanan pelanggan sehingga pelanggan dapat menyelesaikan berbelanja dengan lebih cepat dan lebih baik. Selain itu sejumlah 4588 toko Walmart di AS akan dipastikan memiliki stok yang cukup pada setiap rak mereka.

Pada bulan Februari, Wal-Mart mengatakan akan meningkatkan upah bagi entry-level menjadi USD 9 per jam, peningkatan 24 persen dari upah minimum AS bahwa beberapa karyawan sekarang mendapatkan keuntungan, setelah menyerah pada tekanan untuk membayar tenaga kerjanya lebih.

Perusahaan mengatakan kenaikan biaya itu USD 1 miliar dan berdampak sekitar 40 persen dari tenaga kerjanya, meskipun kenaikan jatuh pendek dari apa yang beberapa kelompok buruh telah melakukan agitasi.

“Jadi tahun ini kami memiliki lebih banyak rekan kerja dan waktu untuk berada lebih banyak di toko kami dari tahun lalu, maka sementara jumlah perekrutan liburan akan tetap, kami memiliki lebih banyak orang di toko-toko untuk melayani pelanggan,” demikian dikatakan Kory Lundberg, seorang juru bicara perusahaan dalam sebuah email seperti dilansir oleh Reuters.

Untuk para pekerja yang telah ada saat ini mendapatkan kesempatan pertama untuk memilih mengambil jam tambahan, demikian dikatakan Wal-Mart dalam sebuah pernyataan email seperti dilansir oleh Reuters. Perusahaan juga mengatakan bahwa jumlah manajer departemen akan ditambahkan pada 3.500 toko untuk masa liburan terutama untuk dapat melayani pelanggan yang datang untuk mengambil barang yang telah sebelumnya dipesan melalui layanan online.

citra/VMN/BL/Journalist
Editor: Ruth Berliana
Image : Business Lounge