Berdiri Paling Tidak 2 Jam dalam Sehari di Tempat Kerja Anda

(Business Lounge – Healthy Wealthy) Orang-orang yang duduk di belakang meja untuk melakukan pekerjaan mereka harus berdiri untuk setidaknya dua jam pada hari kerja mereka, dan terus bertambah hingga berdiri selama empat jam setiap harinya, demikian menurut sebuah saran baru dari panel ahli di Inggris. Saran ini timbul sebagai hasil penelitian yang semakin menunjukkan bahwa duduk untuk jangka waktu yang lama dapat beresiko bagi kesehatan.

Panel ingin memberikan masyarakat “beberapa panduan yang masuk akal,” sehingga orang mungkin lebih memahami jumlah berdiri selama hari kerja yang mungkin diperlukan untuk membawa manfaat kesehatan, demikian dikatakan John Buckley, co-penulis pedoman baru dan profesor ilmu olahraga di University of Chester di Inggris.

“Dua jam adalah ‘batas’ yang tampaknya telah muncul dengan jelas” untuk menunjukkan manfaat dalam studi duduk dan kesehatan, demikian dikatakan Buckley. Hal ini mucul pada bulan Juni lalu di British Journal of Sports Medicine.

Beberapa saran bagi pekerja adalah agar mereka dapat bangkit dari posisi duduknya termasuk saat hendak berbicara dengan rekan-rekannya daripada menggunakan email. Atau memilih mengadakan “standing meetings” atau “walking meetings”. Pilihan lainnya adalah¬† menggunakan adjustable “sit-stand” desks, demikian dikatakan Gavin Bradley, yang juga berpartisipasi pada panel, dan adalah pendiri organisasi nirlaba Active Working CIC yang berbasis di Inggris, yang mengadvokasi penelitian tentang tempat kerja menetap.

“Memberikan sejumlah pertolongan akan memberikan seseorang bantuan. Hal itu membuat lebih mudah untuk mencerna seperti apa yang dapat. Bahwa hal itu praktis dan dapat dilakukan,” demikian dikatakan Aviroop Biswas, seorang peneliti di Institute of Health Policy, Management and Evaluation pada University of Toronto.¬† Namun masih banyak penelitian yang harus dilakukan untuk mengetahui efek kesehatan dari terlalu banyak duduk, katanya. “Ini tidak berarti paling meyakinkan, tapi membuat orang memulai semua saran yang memberitahu Anda untuk mengurangi duduk.”

Dalam sebuah penelitian, sejauh ini, temuan studi yang membandingkan dua kelompok dengan kebiasaan duduk yang berbeda, yaitu kelompok yang satu duduk lebih lama sedangkan kelompok yang lain memiliki waktu untuk berdiri, maka ditemukan adanya perilaku menetap terkait dengan peningkatan risiko diabetes tipe 2 , peningkatan kadar gula darah, dan metabolisme yang melambat, demikian dikatakan Biswas.

Penelitian lain yang tidak intervensi juga telah menyarankan hubungan antara terlalu banyak duduk dan penyakit jantung dan kanker. Dalam penelitian terbaru yang dipimpin Biswas, terlalu banyak duduk bahkan dikaitkan dengan peningkatan risiko kematian dini. Tapi semua dari studi ini hanya terbatas pada asosiasi yang mereka temui. Bukan hubungan sebab-akibat antara duduk dan kesehatan memburuk, demikian dikatakannya.

Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengetahui persis bagaimana mengikuti pedoman baru mungkin mendapat manfaat kesehatan masyarakat, Biswas kepada LiveScience.

Pada tahun 2013, American Medical Association merekomendasikan bahwa pengusaha dan pekerja mencoba untuk duduk seminimal mungkin dari hari kerja. Kelompok ini memberikan contoh misalnya adanya penyediaan standing work stations atau bola isometrik (kadang-kadang disebut bola keseimbangan atau stabilitas bola) sebagai cara untuk meningkatkan kesehatan pekerja.

Para peneliti yang menulis rekomendasi baru berharap hal ini dapat memperoleh tanggapan dari beberapa pihak. Biswas mengatakan bahwa dua jam adalah “permintaan terbanyak”. Dia menyarankan bahwa orang mulai dengan bertujuan untuk berjalan selama dua menit dari setiap 20 menit yang ada, dan bekerja dengan cara mereka namun kemudian dapat berjalan selama dua jam setiap hari.

Sangat penting bahwa orang-orang juga tahu bahwa meningkatkan kesehatan tidak hanya dengan mengurangi duduk kurang di tempat kerja, tetapi juga tentang berolahraga selama waktu lain hari, Biswas mengatakan. “Anda harus meningkatkan jumlah gerakan yang Anda lakukan selama sepanjang hari Anda.”

nancy/VMN/BL/Journalist
Editor: Ruth Berliana
Image :wikipedia