(Business Lounge – Tech & Gadget) Apple sekarang punya aplikasi yang dibuat untuk platform Android dan ini merupakan aplikasi pertama Apple untuk Android. Alih-alih membuat Apple Music, perusahaan Cupertino malah membuat aplikasi bagi pengguna Android untuk bermigrasi ke iOS yang bernama Move to iOS.

Peluncuran iPhone 6s dan iPhone 6s Plus pada Jumat mendatang dan iOS 9 yang sudah tersedia untuk pengguna semakin mendukung Apple untuk membuat produk-produknya menjadi sorotan bagi pesaing. Apple mencoba masuk ke wilayah musuh dengan membuat aplikasi yang memudahkan mereka melakukan transisi sistem operasi. Dengan aplikasi tersebut, maka data akan ditransfer secara mulus dari ponsel Andriod ke iPhone 6s atau iPhone 6s Plus.

Namun, yang menjadi kendala ialah bahwa pengguna yang  sebelumnya membeli aplikasi di Google Play Store kemudian beralih ke iOS maka harus membeli ulang aplikasi. Ini bukan kesalahan Google atau Apple, tapi memang ini menjadi salah satu kendala terbesar ketika beralih platform.

Dalam deskripsi pada aplikasi tertulis hanya dengan beberapa langkah, pengguna dapat memigrasi konten atau data seperti foto, pesan, kontas dan data lainnya secara aman ke perangkat iPhone dan iPad.

Apple telah memberikan instruksi kepada pengguna sebelum melakukan transfer dari Android ke iOS, tetapi diperlukan proses yang cukup panjang sampai akhirnya data benar-benar berpindah.

Yang perlu diingat saat melakukan transfer ialah membuat jaringan Wi-Fi benar-benar aman, sehingga perlu memasukkan kode keamanan, supaya jangan ada data-data penting yang dicuri.

Aplikasi Move to iOS akan bekerja dengan semua ponsel dan tablet dengan versi Android 4.0 atau di atasnya.

Yusnia/VMN/BL/Journalist
Editor : Evi Fog

Leave a Reply

Your email address will not be published.