Pekerjaan-pekerjaan Ini Mungkin Cocok Bagi Anda yang Senang Bekerja Sendiri

(Business Lounge – Do You Know?) Pekerjaan-pekerjaan seperti ini mungkin cocok bagi Anda yang senang menyendiri, enggan berkomunikasi, serta sering merasa terusik apabila terjadi keramaian kecil di sekitar meja kerja Anda. Sebab menempati posisi ini dijamin, Anda tidak akan diganggu oleh rekan kerja Anda untuk jangka waktu yang cukup panjang.

Berikut adalah beberapa pekerjaan yang dapat Anda pilih untuk tetap menjadi penyendiri.

Crew member, Concordia Station di Antartika

Concordia Station juga dikenal sebagai “White Mars,” dan telah menjadi salah satu tempat paling terpencil dan tidak bersahabat di planet ini. Pada kenyataannya juga tempat ini digunakan oleh European Space Agency (ESA) menggunakannya sebagai proyek percontohan kemungkinan hidup pada planet yang berbeda. Tempat ini terletak di ketinggian 3.200 meter, kadar oksigen pun berkurang hingga sepertiga dibandingkan kadar oksigen di permukaan laut. Selama musim dingin suhu terendah -85 derajat Celcius dan di sini Anda akan mengalami empat bulan tinggal dalam kegelapan. Concordia juga berjarak 600 kilometer jauhnya dari manusia terdekat, yang membuatnya lebih jauh dari Stasiun Luar Angkasa Internasional. Namun di sini Anda harus benar-benar dapat mandiri sama seperti seorang astronot yang dikirim ke Mars.

Winter Caretaker, Yellowstone National Park

Apabila Anda memutuskan bekerja di Yellowstone National Park sebagai Winter Caretaker, maka Anda akan menghabiskan hari-hari Anda untuk membersihkan salju dari atap sekitar 100 bangunan sehingga bangunan-bangunan tersebut tidak akan runtuh. Anda akan merasa tenang sebab tidak akan ada orang yang mengganggu Anda sebab jarak tetangga terdekat dua jam perjalanan saja dengan menggunakan mobil salju.

Service person, Thule Air Base

Thule berhawa dingin, sangat terpencil, dan tidak ada kehidupan malam yang dapat Anda jumpai di sana. Terletak 750 mil di sebelah utara Arctic Circle, Thule terperangkap oleh es selama tiga perempat tahun. Setiap musim panas sebuah kapal pemecah es Kanada akan datang untuk membersihkan jalan, namun musim ini akan berlangsung sangat singkat. Di sini Anda akan dapat mengunjungi beberapa gletser yang cukup keren. Tetangga terdekat adalah pedesaan orang Eskimo asli dengan jarak 65 mil.

Bekerja di sini Anda dapat membantu untuk memberikan deteksi dini rudal, ruang pengawasan dan pengendalian ruang angkasa, dan dukungan udara. Tidak seperti Concordia, yang hanya dapat menampung hingga 16 orang, Thule adalah rumah bagi ratusan, sehingga lebih seperti sebuah kota kecil yang terisolasi di mana semua orang bekerja untuk perusahaan yang sama dan tinggal di asrama.

Fire Lookout, Gila National Forest

Mengendalikan kebakaran hutan sangat sulit karena itu deteksi dini sangatlah penting. Jika Anda memutuskan untuk membantu pekerjaan ini, maka Anda akan sangat dibutuhkan dari April sampai Agustus (musim api) dan memperhatikan lebih dari 100.000 hektare lahan melalui teropong. Tanda-tanda asap akan segera terdeteksi sehingga berbagai tindakan dapat diambil jika diperlukan. Ini bukan hanya pekerjaan yang terisolasi tetapi juga salah satu yang berbahaya. Tetapi Anda akan dapat menikmati kesendirian Anda di sini sambil menikmati banyak bintang dan melakukan apa saja sekehendak hati Anda.

Winter maintenance, Many Glacier Hotel in Montana

Di sini Anda dapat tinggal di bangunan-bangunan hotel yang telah tidak digunakan oleh karena banyaknya gletser yang terbentuk oleh karena musim dingin yang hebat. Anda bertugas untuk menjaga bangunan-bangunan tersebut dengan menyingkirkan salju-salju yang tertimbun. Anda akan ada dalam lingkungan yang sunyi namun tetap dapat merasakan keindahan di sini.

Volunteer astronaut, Mock Mission to Mars

Sebelum proyek luar angkasa benar-benar dijalankan maka dibutuhkan seorang volunteer dalam proyek Mars500 yang berlangsung selama 520 hari. Selama waktu itu, mereka akan berada pada tempat yang kecil tanpa jendela di Russian Institute for Biomedical Problems dan akan diupayakan kondisi yang dialami semirip mungkin dengan kehidupan yang akan dihadapi pada perjalanan misi ke Mars.

Ia akan melakukan eksperimen ilmiah, mengumpulkan data medis, dan berada di jalan-jalan pada permukaan yang dibuat menyerupai Mars. Komunikasi juga ditiadakanuntuk meniru komunikasi nyata. Keadaan psikologi pun akan tetap dipantau.

Jadi jika memang Anda pencinta kesendirian, pekerjaan mana yang akan Anda pilih, di Taman Nasional, Arktik, atau ke Mars?

citra/VMN/BL/Journalist
Editor: Ruth Berliana
Image :wikipedia