Google: Kami akan Membuat Ratusan Self-Driving Car Hingga akhir 2015

(Business Lounge – Automotive) Usaha Google di bidang otomotif dunia semakin menunjukkan kemajuannya, upaya yang dilakukan tidak tanggung-tanggung, ratusan mobil pintar produksi Google akan diproduksi pada tahun 2015 ini. Pada sebuah event di Amerika Serikat Google menyampaikan niatannya ini. Sarah Hunter, Head of Policy untuk GoogleX mengatakan, “Kami akan membuat ratusan self-driving car hingga akhir 2015 ini. Pembuatan mobil pintar ini sangat memungkinkan tim kami untuk belajar bagaimana cara kami membangun self-driving car dari bawah,” demikian seperti dilansir oleh Business Insider. Pada pekan ini, untuk pertama kalinya beberapa self-driving cars akan berseliweran di jalan-jalan di Austin, Texas.

Melalui perusahaan mobil sendiri, yaitu Google Auto yang baru saja didirikannya bulan lalu, self-driving car milik Google dirancang tanpa stir kemudi, pedal gas, dan rem. Mobil pintar ini benar-benar dibuat supaya penggunanya hanya duduk santai layaknya sebagai penumpang. Dengan dukungan dana dan teknologi yang mumpuni dari Google, tidak diragukan lagi bahwa upaya Google untuk mengembangkan mobil tanpa kemudi ini akan terus menunjukkan kemajuan besar.

Hunter juga menyampaikan bahwa mobil pintar keluaran Google ini tidak dikembangkan dengan teknologi Hybrid. Hunter juga membagikan rincian baru cara kerja prototipe driverless car yang telah ada. “Semua mobil memiliki tombol-tombol seperti ‘go‘, ‘please slow down and stop‘, serta ‘stop pretty quickly‘,” demikian penjelasan Hunter. “Tujuannya adalah bahwa penumpang dapat masuk ke dalam kendaraan, lalu berbicara lewat mikrofon, supaya kendaraan dapat membawanya dengan aman sepanjang perjalanan,” demikian lanjutan penuturan Hunter.

google-self-driving-car-from-scratch

Mobil self-driving Google saat ini membutuhkan peta yang sangat rinci dari daerah tempatnya akan beroperasi, dengan akurasi sentimeter fitur jalan seperti jalur, adanya bundaran, lampu lalu lintas, dan lain sebagainya. Mobil-mobil ini terbatas kecepatannya 25 mph sehingga Google dapat mengujicobakannya di jalan umum tanpa tes yang memakan waktu dan biaya yang mahal. Bahkan yang lebih penting, pengemudi dapat mengambil alih kendali mobil dalam sekejap jika malfungsi sistem terjadi.

Saat ini Google sedang mempertimbangkan produksi massal dari self-driving car produksinya untuk selanjutnya ditawarkan kepada pelanggan walaupun belum dalam waktu dekat. Apakah akan dijual dalam skala individu atau tidak, itu pun masih dalam pertimbangan.

Selama 6 tahun pengujian, mobil pintar milik Google mencatat hasil performa yang baik. Pihak Google mendapat laporan bahwa mobil pintarnya ini mengalami kecelakaan 11 kali dalam masa pengujian, namun kecelakaan tersebut hanyalah kecelakaan kecil yang tidak menyebabkan korban cedera. Tertarik menjadi pemilik mobil pintar Google?

Ferdie Raff/VMN/BL/Journalist
Editor : Ruth Berliana
Image: mostepicstuff