ipad-pro-12.9-inci
ipad-pro-12.9-inci

Perbandingan: iPad Pro, MacBook Pro dan iPad Lama

(Business Lounge – Tech & Gadget)  Apple selalu menghadirkan sesuatu yang baru dalam setiap peluncurannya. iPad Pro, demikian tablet terbaru milik Apple yang hadir dengan layar ukuran jumbo 12,9 inch atau sekitar 32,8 cm. Selain dilengkapi dengan “Apple Pencil” untuk menggambar, iPad Pro juga memiliki berbagai fitur unik dan menarik.

Pernah membayangkan berapa besarnya ukuran 12,9 inch? Ya, ukuran tersebut hampir sama dengan ukuran MacBook Retina 13 inch (hanya lebih kecil 0,4 inch). Artinya itu sama saja seperti ketika kita membawa laptop ketika bepergian, namun lebih ringan.

Bukan tanpa alasan Apple meluncurkan iPad dengan ukuran jumbo, sementara banyak merek lain yang mencoba di pasar tablet “ukuran mini”, Apple malah hadir dengan perangkat layar lebar.

Fokus pada kebutuhan konsumen. Ya, sepertinya Apple sedang menyasar pada mereka yang membutuhkan sebuah perangkat untuk menggambar atau mendesain di layar iPad mereka. iPad Pro inilah yang dinantikan oleh para desainer, para arsitek atau siapapun mereka yang ingin menggambar sesuatu yang unik di perangkat mereka.

Karakteristik paling jelas dari iPad Pro baru adalah ukuran 12.9 inch dengan layar Retina yang menampilkan resolusi 2732×2048 pada 264 pixel per inch. Resolusi pixel yang dimiliki oleh iPad Pro jauh lebih besar dibanding dengan MacBook Pro Retina 13 inch, yaitu 5,6 juta pixels juta berbanding dengan 4,1 juta pixels.

Tidak hanya memiliki ukuran pixel lebih besar daripada MacBook Pro Retina 13 inch, iPad Pro juga memiliki resolusi pixel yang lebih besar dibanding MacBook Pro 15 inch (dengan resolusi 2880×1800, atau hampir 5.2 juga pixel). Itu artinya, dari segi resolusi pixel, iPad Pro merupakan pemenang dari semua perangkat Apple yang ada saat ini.

Terlepas dari ukurannya yang lebih besar, iPad Pro tetaplah memiliki model yang hampir identik dengan iPad lainnya. Hal ini dapat terlihat dari penempatan Touch ID Home yang sama, power dan tombol lainnya. Salah satu perbedaan yang paling penting adalah bahwa Apple Pro memiliki multiple speaker yang memberikan suara lebih jernih dan terarah, juga memiliki “pensil” untuk menggambar.

W.Lubis/VMN/BL/Analyst-Vibiz Research Center
Editor : Lidia Wulan