Bila Anda Mendapatkan Seorang Star

(Business Lounge – Empower People) Sekarang Anda telah tahu apa yang penting untuk Anda pertimbangkan sebelum melakukan rotasi. (Baca: Pertimbangkan dengan Baik Sebelum Melakukan Rotasi). Lalu kini apa yang harus Anda lakukan apabila Anda ada pada posisi yang menerima mereka yang dirotasi?

Saya yakin dari tipe 1 – 4 yang sudah kita bahas sebelumnya, maka Anda pasti akan sangat berharap mendapatkan si tipe 4. Itu sah-sah saja. Tetapi penting untuk dapat menghargai ketika Anda kedatangan si Star. Sehingga ada beberapa hal yang penting untuk Anda lakukan apabila Anda berperan sebagai pemimpin unit, atau pemimpin kelompok. Apakah demikian spesialkah kedatangan si Star? Tentu saja, walaupun mungkin Anda tidak ingin menunjukkan sikap yang berlebihan di hadapan semua anggota tim yang akan menjadi rekan kerjanya, tetapi Anda harus menyiapkan sesuatu yang berguna untuk mengembangkan dia. Seorang star dengan treatment yang tepat akan membuatnya bertambah cemerlang, maka siakah yang akan diuntungkan kalau begitu? Tim atau unit yang terkait, Anda sebagai pemimpin tim atau unit, juga perusahaan.

Berikut hal-hal yang perlu Anda lakukan:

1. Identifikasi kemampuan si Star

Penting untuk Anda mengidentifikasi apa yang menjadi kemampuan si Star. Karena itu, Anda sudah harus pernah berdiskusi dengan mendalamnya juga dengan mereka yang pernah menjadi atasannya.

2. Tentukan Clear Job Description si Star

Hal ini sangat penting. Pastikan pada hari pertama si Star bergabung dengan tim yang Anda pimpin, maka ia sudah memiliki job description yang sangat jelas. Hal ini akan membantu si Star untuk dapat langsung berkiprah sejak hari pertamanya. Jangan lupa untuk mengeksplor semua potensi yang ada padanya sehingga ia pun akan semakin berkembang.

3. Gabungkan dengan Tim yang Tepat

Tentu ada banyak jenis orang dalam bagian yang Anda pimpin, maka penting untuk dapat memasangkan si Star dengan orang yang tepat untuk membantu dia berkiprah pada hari pertamanya. Namun apabila semuanya berjalan dengan baik dan si Star pun menunjukkan kemampuannya untuk meng-handle banyak orang maka hal ini pun menjadi fleksibel.

4. Penting untuk membuat si Star dapat engage

Untuk hal ini, saya sarankan Anda untuk membaca artikel berikut ini: 5 Cara Sederhana Untuk Membuat Karyawan Anda Engage.

5. Miliki harapan dan masa depan untuk si Star

Oleh karena si Star memiliki kemampuan lebih dari rata-rata maka, Anda pun harus memiliki ekspetasi di atas rata-rata untuknya. Buatlah target-target yang real namun melebihi target anggota tim yang lain dan bergeraklah dengan cepat bersama dengan dia. Buatlah juga target jenjang karir yang akan dia jalani. Jika memang si Star sanggup mengerjakan 5 sementara yang lain mengerjakan 4, maka jangan berikan ia 4 hanya untuk menyamaratakannya dengan yang lain, tetapi percayakan ia 5 bahkan lebih.

Penting untuk bersikap bijaksana memperlakukan si Star, tanpa membuat yang lain menjadi seperti dianaktirikan. Jika Anda salah memperlakukannya maka cepat atau lambat Anda dapat kehilangannya. Jadi, bersikaplah biajaksana.

ruth_revisiRuth Berliana/VMN/BL/Managing Partner Human Capital Development