Android Pay Sudah Bisa Digunakan

(Business Lounge – Tech & Gadget) Saat ini Android mulai mengikuti jejak kompetitornya, Apple. Apple yang sebelumnya sudah merilis Apple Pay tidak membuat Android kehabisan ide. Mulai hari ini Android menyediakan layanan pembayaran mobile bernama Android Pay. Perangkat Android yang telah dilengkapi oleh chip NFC dapat menggunakan fitur ini untuk melakukan pembayaran di toko ataupun restoran yang menyediakan sistem pembayaran berbasis NFC. Sementara itu, bagi pengguna Google Wallet bisa melakukan update ke Android Pay. Secara langsung pengguna bisa menggunakan Android Pay setelah mengunduh aplikasi tersebut di Google Play Store.

Tidak sama dengan Apple yang hanya mendapatkan sedikit bagian dari transaksi Apple Pay yang menggunakan kartu debit maupun kredit.  Google tidak mengambil keuntungan dari konsumen melalui penggunaan Android Pay. Ini disebabkan beberapa perusahaan penerbit kartu kredit seperti Master Card dan Visa mengizinkan Google untuk mengakses fitur keamanan mereka dengan menggunakan sistem token. Cara kerja sistem ini akan mengganti nomor kartu dengan beberapa rangkaian angka untuk melakukan konfirmasi transaksi tanpa harus membobol rahasia dari nomor kartu tersebut.

Beberapa merchant besar seperti Best Buy, McDonald’s, Macy’s, Walgreens, Subway, Whole Foods, Toys R Us telah siap menerima Android Pay. Bank serta retail lainya akan segera menyusul. Melakukan transaksi dengan Android Pay memerlukan PIN, Password atau Pola untuk konfirmasi pembayaran. Untuk perangkat dengan sistem operasi Android 6.0 Marshmallow bisa melakukan transaksi dengan menggunakan sidik jari yang hadir pada sistem operasi terbaru dari Google tersebut.

Selain Android Pay, Samsung Pay juga akan melakukan debutnya dalam dunia transaksi mobile pada tanggal 28 September. Samsung Pay tidak seperti Apple Pay ataupun Android Pay yang tergantung pada konektivitas NFC. Proses Samsung Pay menyerupai transaksi konvensional menggunakan kartu debit atau kredit.

Dewi Lajolie/VMN/BL/Operation Head – Batikweb.co
Editor: Lidia Wulan
Pic : Android