Untuk 2016, Bentley Telah Menyiapkan Bentayga Super Mewah

(Business Lounge – Automotive) SUV ultra mewah pertama telah tiba, menciptakan standar kemewahan baru bagi para jutawan dan miliarder. SUV baru ini didasarkan pada model Bentayga tahun 2012, ketika Bentley mengumunkan konsep EXP 9 F di pameran mobil Jenewa. Seperti kebanyakan pembuat mobil, Bentley melihat kesempatan untuk memberikan orang-orang kaya raya dengan sensasi SUV yang sedikit lebih eksklusif dari Range Rover atau Mercedes G500.

The Crew mungkin menjadi yang pertama untuk memasarkan truk super premium seperti Aston Martin, Rolls-Royce, dan Lamborghini. Di dalam semua ciptaan tersebut, terdapat unsur SUV. Tetapi, sebelum adanya kompetisi, Bentley merupakan yang Berjaya dalam pembuatan SUV dengan adanya Bentayga, dan bisa dikatakan Bentley mempunyai pemproduksian SUV tercepat serta termewah.

Apa sajakah yang ditawarkan oleh SUV super mewah milik Bentley kepada para konsumennya?

Kekuatan

Adalah suatu keharusan bila SUV yang memiliki harga di luar pemikiran normal juga memiliki kekuatan yang tidak kalah abnormalnya. Bentley mengembangkan mesin twin-turboengine baru yang berukuran 6-liter 12-silinder dengan kekuatan 600 tenaga kuda dan 633 pon-kaki torsi yang mirip lokomotif. Dengan kekuatan tersebut, hanya dalam empat detik, mobil SUV seberat 5.240 pon tersebut dapat menempuh kecepatan 60 mil per jam dari posisi terdiam.

Kecepatan maksimal yang dapat dicapai SUV tersebut adalah 187 mil per jam, mengalahkan Porsche Cayenne Turbo S, apalagi kendaraan pejalan kaki seperti Ford Mustang GT atau BMW M4. Konsep kekuatan ini dianggap sangat ampuh sehingga Bentley berencana untuk menggunakannya dalam versi model masa depan dari Continental dan Flying Spur.

Efisiensi

Sistem pengaturan start-stop Bentayga telah dimodifikasi sehingga mesin akan mati ketika pengemudi berhenti (sebagian besar system mesin akan mati setelah berhenti). Selain itu, ketika melepaskan gas pada kecepatan tinggi, mesin akan segera memasuki kondisi idle, sehingga Bentayga ini hampir 12 persen lebih efisien daripada pendahulunya.

Keamanan

Tentunya Bentayga dilengkapi dengan fitur keselamatan aktif dari generasi terbaru seperti pengenalan rambu lalu lintas dan peringatan lintas lalu lintas. Adaptive Cruise Control menjaga jarak yang aman antara kendaraan lain ketika berada di jalan raya. Tetapi Bentley mengambil satu langkah lebih lanjut dengan “Predictive Adaptive Cruise Control,” yang menggunakan data navigasi dan kamera untuk memantau perubahan batas kecepatan dan sudut tajam, dan menyesuaikan kecepatan yang sesuai. Sehingga Anda akan dapat memarkirkan kendaraan anda sendi, ketika tidak ada layanan valet.

Interior mewah

Untuk interior Bentayga yang baru, pintu menutup dengan dentuman seperti kubah, menghalang masuknya suara dari luar. Tombol-tombol dibuat menonjol untuk memberikan perasaan taktikal dan penampilan lebih mahal.

Kursi depan dan belakang (kecuali kursi tengah ketika dimuat oleh orang kelima) bisa dipanaskan dan didinginkan. Kursi tersebut dilapisi kulit sapi yang hanya hidup di iklim dingin Eropa. Tidak hanya pengaturan suhu, kursi juga menawarkan sistem pijat, sehingga Anda dapat sepenuhnya bersantai sambil melihat ke atas melalui atap kaca panorama berukuran 14,5 kaki persegi.

Bagi mereka yang merokok, Bentley juga menyediakan asbak chrome di Bentayga yang baru.

Untuk perjalanan off-road

Pertanyaan yang dilontarkan pada Bentayga mewah ini adalah bagaimana bila orang-orang yang menggunakannya merupakan mereka yang gemar mengemudi di daerah off-road? Akan kah ada kendala bagi mereka yang menghadapi jalanan yang tidak rata dan dipenuh goncangan?

Untuk memastikan bahwa Bentayga dapat menangani sisi kasar kehidupan, Bentley melakukan uji coba di daerah Afrika Selatan yang kotor dan berkerikil, serta bukit-bukit pasir dari Dubai, hingga jalanan kacau di Cheshire.

Selain uji coba daratan, Bentley juga melakukan tes temperature, dari suhu beku -30 Co di North Cap hingga suhu membara 50 Co di gurun.

Uji coba ini bukan uji coba yang dilakukan pada mobil balap, tetapi uji coba untuk memastikan bahwa Bentayga mewah ini akan dapat menangani jalan yang tertutup salju dan menempuh hingga ke pedesaan ski. Bayangkan saja seberapa tebal salju yang harus dilewatinya.

Meskipun Bentley berspekulasi bahwa 95-98% pembeli Bentayga yang baru adalah mereka yang berkendara di jalanan aspal, dan sangat kecil kemungkinannya bagi mereka untuk melewati jalanan bersalju dan berpasir, tetapi Bentley tetap menyiapkan tombol mode salju dan pasir untuk persiapan tak terduga.

Alvin Wiryo Limanjaya/VMN/BL/Contributor
Editor: Ruth Berliana
Image:Bentley