BlaBlaCar, Saingan Uber Taxi Dari Perancis

(Business Lounge – Global News) – Anda mungkin saat ini belum pernah mendengar tentang BlaBlaCar, tapi kemungkinan Anda akan mendengar lebih banyak mengenai hal ini di masa yang akan datang. Ini karena perusahaan ridesharing Perancis dilaporkan telah memasuki kelompok startup senilai lebih dari 1 miliar dolar.

TechCrunch hari ini melaporkan bahwa BlaBlaCar telah mendapatkan $16 juta dari perusahaan modal venture, Insight Venture Partners. Hal ini membuat startup ridesharing yang bermarkas di Paris ini bernilai hingga $1,2 miliar.

BlaBlaCar mengatakan itu dalam pembicaraan dengan investor, tapi menolak untuk mengkonfirmasi laporan itu. Sebelum putaran terakhir, BlaBlaCar sudah memiliki hingga $270 dalam modal ventura, menurut database pendanaan CrunchBase. Sebagai perusahaan berkembang, ini adalah tiga kunci cara berbeda dari perusahaan Uber yang bermarkas di San Fransisco.

1. BlaBlaCar adalah alternatif Amtrak, bukan alternatif taksi. BlaBlaCar menghubungkan penumpang dari satu kota ke kota lain penumpang lain menuju jalan yang sama. Itu tidak melayani pelanggan yang ingin melakukan perjalanan beberapa mil di dalam kota. Rata-rata perjalanan BlaBlaCar sekitar 213 mil.

2. BlaBlaCar tidak beroperasi di Amerika Serikat. Perusahaan transportasi yang berbasis di Paris ini hanya tersedia di seluruh Eropa, Meksiko dan Rusia.

3. Driver BlaBlaCar tidak mengambil keuntungan dari penumpang. Platform teknologi BlaBlaCar menghubungkan antara driver dan penumpang menuju kearah yang sama dan memungkinkan penumpang untuk membayar cukup kepada driver untuk menutupi biaya seperti membeli gas dan maintenance mobil.

Apakah sistem transportasi BlaBlaCar akan hadir juga di Indonesia? Kita nantikan saja!

W.Lubis/VMN/BL/Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Fanya Jodie
Pic : yappaa