10 Fakta tentang Paperclip

(Business Lounge – Do You Know?) Penjepit kertas atau biasa dikenal dengan paperclip bukan lagi hal yang asing di dunia kerja. Bahkan akan sangat mudah untuk menemukannya. Apalagi saat ini seiring berkembangnya zaman, banyak sekali paperclip dengan bentuk dan warna-warna yang unik tersedia di toko-toko buku dan dapat diperoleh dengan mudah. Berikut adalah sepuluh fakta menarik yang dapat Anda ketahui tentang paperclip.

1. Sebuah penjepit kertas merupakan sepotong kawat baja yang dibengkokkan menjadi bentuk dua putaran yang hampir penuh. Sepotong kertas kemudian dapat disisipkan di antara loop dan disatukan bersama-sama. Cerdik!

2. Desain penjepit kertas yang kita kenal hari ini tidak pernah dipatenkan. Hal ini tidak diketahui pasti siapa yang menemukan atau di mana ia diciptakan. Apa yang diketahui adalah bahwa klip kertas dengan desain yang sama di produksi di Inggris pada tahun 1870-an yang dibuat oleh Gem Manufacturing Company Ltd, yang menunjukkan – tetapi tidak membuktikan – bahwa paperclip mungkin telah diciptakan di sana. Gem paperclip menjadi dikenal dan diperkenalkan ke Amerika pada tahun 1892 hingga akhirnya digunakan di seluruh dunia.

3. Paten pertama untuk desain paperclip diberikan kepada Samuel B. Fay di Amerika Serikat pada tahun 1867. Penemuan itu sebenarnya dimaksudkan untuk menahan tiket ke kain, dan meskipun itu juga bisa digunakan sebagai klip untuk kertas, sangat berbeda dari klip kertas yang digunakan saat ini. Karena itu ia bukanlah penemu penjepit kertas, bertentangan dengan kepercayaan populer. Di bawah ini adalah contoh klip Fay.

fayclip Fay4. Juga diyakini bahwa penjepit kertas ditemukan di Norwegia dan sebuah penjepit kertas raksasa sengaja didirikan di luar sebuah perguruan tinggi bisnis di Oslo untuk menandai fakta ini! Johan Vaaler, seorang penemu, merancang penjepit kertas pada tahun 1899 yang dipatenkan di Jerman dan Amerika Serikat pada tahun 1901. Namun desain, tersebut tidak praktis dan tidak pernah dimasukkan ke dalam produksi.

vaalerpaperclipMeski begitu, Vaaler kemudian menjadi dicantumkan sebagai penemu penjepit kertas ketika patennya ditemukan sekitar tahun 1920-an oleh seorang insinyur Norweigan yang bekerja di Jerman. Dia mendokumentasikan temuannya, tidak menyadari bahwa penjepit kertas Vaaler adalah berbeda dengan gaya “Gem” yang umum digunakan, dan informasi yang ada bahwa paperclip ditemukan oleh seorang Norwegia pada tahun-tahun setelah Perang Dunia Kedua, meskipun tidak akurat!

5. Kata Swedia untuk paperclip adalah “gem” atau permata.

6. Selama Perang Dunia Kedua, memakai penjepit kertas bisa membuat Anda menjadi masalah serius. Orang-orang yang tinggal di negara-negara di bawah pendudukan Nazi Jerman dilarang mengenakan lencana atau pin yang menggambarkan simbol nasional. Paperclip tampaknya seperti alat tulis, namun digunakan sebagai simbol persatuan karena fakta bahwa itu digunakan untuk mengikat sesuatu bersama-sama. Mengenakan paperclip kemudian dilarang oleh Jerman. Setelah perang, diyakini bahwa orang Norwegia mengenakan paperclip selama perang sebagai tanda kebanggaan nasional karena itu adalah penemuan Norwegia. Bahkan, informasi bahwa paperclip adalah penemuan Norwegia, meskipun tidak benar, bahkan tidak dikenal secara luas selama perang. Orang-orang hanya mengenakan papaerclip melambangkan persatuan dan solidaritas.

7. Paperclip banyak digunakan sebagai simbol untuk lampiran di sebagian besar layanan email.

8. Clippy. Clippy adalah penjepit kertas animasi yang pada waktu yang lalu muncul di produk Microsoft Office untuk menawarkan bantuan. Dia muncul secara perdana di Office 97 dan penampilan terakhir di Office 2003. Dia paling terkenal untuk menekan dalam monitor ketika ia muncul dan secara teratur mengatakan “Sepertinya Anda sedang menulis surat.”

clippy

9. Proyek Paperclip adalah sebuah operasi Amerika untuk menerbangkan seorang ilmuwan Jerman dari Jerman dan ke Amerika Serikat setelah Perang Dunia Kedua. Amerika ingin memanfaatkan kecerdasan ilmiah dan teknik dan keahlian dari Jerman, dan untuk memastikan bahwa mereka tidak jatuh ke tangan Uni Soviet. Salah satunya, Wernher von Braun, adalah seorang ilmuwan roket yang akan membantu Amerika dengan mengembangkan roket yang akhirnya akan membawa orang ke Bulan. Von Braun juga bekerja pada ide-ide untuk misi berawak ke Mars.

10. Kyle Macdonald dari Kanada berhasil menukar penjepit kertas merah menjadi sebuah rumah dengan menyelesaikan serangkaian perdagangan online, menukarkan setiap item untuk sesuatu dengan nilai yang lebih tinggi. Dia mulai dengan menukar paperclip-nya dengan pena berbentuk ikan, yang kemudian ditukarkan dengan kenop pintu, dan kemudian barbekyu, dan sebagainya. Proyek memperoleh publisitas dan item yang diberikan dalam pertukaran untuk item sebelumnya menjadi lebih dan lebih berharga dan unik, sampai Kyle akhirnya mampu menyelesaikan pertukaran akhir dan mencapai tujuannya, ketika ia diperdagangkan peran dalam sebuah film (Donna on Demand) untuk sebuah rumah di kota Kipling di Saskatchewan, Kanada.

citra/VMN/BL/Journalist
Editor: Ruth Berliana
Image : pixabay