5 Buah Dengan Vitamin C Terbanyak

(Business Lounge – Do You Know) – Vitamin C sangat diperlukan untuk tubuh kita, karena sangat berpengaruh bagi pembentukan kolagen, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan sekaligus membantu penyerapan zat besi. Namun, kita juga tetap harus perlu mengontrol vitamin C dalam tubuh, karena kelebihan vitamin C dapat menyebabkan sariawan. Akan tetapi, kelebihan vitamin C sendiri biasanya jarang terjadi dikarenakan vitamin C dapat mudah larut bersama air melalui keringat dan air seni.

Selama ini, kita mengenal sumber vitamin C terbanyak terbaik adalah jeruk. Ternyata, tidak hanya buah jeruk yang punya banyak vitamin C tetapi banyak buah lainnya yang mengandung vitamin C yang tinggi. Jika kita kesulitan menemukan buah jeruk sebagai vitamin C, ada beberapa buah- buah yang dapat dijadikan sebagai pengganti vitamin C. Apa sajakah buah-buahan tersebut? Ini dia jawabannya!

Jambu Biji

Salah satu buah yang mengandung vitamin C yang bemanfaat bagi tubuh adalah jambu biji. Jambu biji dapat ditemukan di berbagai toko buah atau supermarket. Jambu biji juga memiliki banyak manfaat bagi tubuh selain memberikan banyak vitamin C sebanyak 228mg per 100gr buah atau dapat disimpulkan hamper 5 kali lipat dibandingkan jeruk. Mengkonsumsi buah ini sehari, dapat mencukupi kebutuhan harian vitamin C bagi tubuh.

Jambu Monyet

Buah tropis yang satu ini dapat memberikan asupan vitamin C sebanyak 265gr lebih banyak dibandingkan jeruk dan jambu biji. Jambu Monyet ini dapat ditemukan diberbagai toko buah, pasar tradisional atau supermarket. Jambu monyet ini berasal dari Timur Laut Brasil dan tumbuh di daerah tropis. Jarang sekali orang mengetahui bahwa buah jambu dapat memberikan asupan vitamin C 5 kali lipat dibandingkan jeruk.

Kiwi

Buah yang dapat memberikan asupan vitamin C yang cukup tinggi dan lezat untuk dikonsumsi adalah buah yang berasal dari Tiongkok, yaitu buah kiwi. Pada awalnya, buah kiwi sangat jarang ditemukan di Indonesia, namun sekarang buah kiwi dapat di temukan di toko buah dan supermarket. Buah kiwi dapat memberikan asupan vitamin C sebanyak 93 mg per 100 gr buah kiwi. Buah kiwi dapat menjadi alternative pengganti buah jeruk karena kiwi hamper sekitar 2 kali lipat lebih kuat dibandingkan jeruk.

Lengkeng

Buah tropis berikutnya yang dapat memberikan asupan vitamin C yang banyak adalah buah longan atau desebut dengan buah lengkeng. Kita juga dapat menemukan buah lengkeng di Indonesia karena sejumlah perusahaan masih melestarikan buah lengkeng. Kandungan vitamin C yang tedapat pada buah lengkeng adalah sebanyak 84 gr per 100 gram buah lengkeng. Buah lengkeng adalah salah satu dari buah pengganti vitamin C yang cukup baik bagi tubuh. Jika dibandingkan dengan buah jeruk, lengkeng memberikan 1,75 kali lipat dibandingkan buah jeruk.

Leci

Buah selanjutnya adalah buah yang mirip dengan buah lengkeng yaitu adalah buah leci. Buah leci memberikan asupan vitamin C setara dengan buah lengkeng. Buah ini juga berasal dari Asia Tenggara, Tiongkok dan Taiwan termasuk Indonesia. Buah yang wangi dan memberikan rasa manis serta masam ini mampu memberikan asupan vitamin C sebanyak 71 mg per 100 gram buah leci, atau setara dengan 1,5 lipat dibandingkan buah jeruk.

Hendra Wijaya/VMN/BL/Contributor
Editor : Fanya Jodie
Image: Wikimedia