Beberapa Tipe “Istirahat” yang Harus Dilakukan Seorang Entrepreneur

(Business Lounge – Empower People) – Seorang entrepreneur, pastinya adalah seorang yang sibuk dan bisa jadi hampir tidak punya waktu untuk dirinya sendiri. Memang, mengurus dan menjalankan suatu bisnis bukanlah suatu hal yang mudah. Banyak hal yang perlu dilakukan, seperti perencanaan, mengontrol proses produksi, juga penjualan. Tentunya hal seperti itu memakan waktu yang banyak. Akan tetapi, tetap saja di dalam kehidupan, seorang entrepreneur harus juga melakukan beberapa “istirahat” penting di dalam hidupnya. Karena, jika hanya terus-menerus bekerja, justru ide baru akan lebih sulit untuk keluar.

Akan tetapi, “istirahat” yang dimaksudkan bukannya untuk bermalas-malasan. Melainkan, “istirahat” yang dimaksudkan adalah keluar sebentar dari rutinitas untuk mencari inspirasi baru yang membuka wawasan Anda. Dan, bagi seorang entrepreneur, tentunya ada beberapa “istirahat wajib” yang perlu dilakukannya. Semua “istirahat wajib” itu, bukan hanya membuat pikiran menjadi rileks, melainkan juga membuka wawasan serta menambah ide baru untuk inovasi. Apa sajakah “istirahat wajib” seorang entrepreneur? Ini dia “istirahat wajib” tersebut :

Beranjak sebentar dari tempat duduk

Ini adalah “istirahat wajib” sederhana yang patut dilakukan seorang entrepreneur. Biasanya, seorang entrepreneur yang fokus terhadap pekerjaannya, suka sekali bekerja di depan komputer dan lupa untuk beranjak dari tempat duduknya. Untuk makan dan minumnya, memang bisa jadi sudah ada karyawan yang bertugas untuk membawa ke mejanya sehingga ia tidak terbiasa untuk meninggalkan meja dan kursinya. Akan tetapi, ada kalanya seorang entrepreneur harus beranjak dari tempat duduknya, menggerak-gerakkan sedikit badannya, atau berjalan sebentar, baru setelah itu kembali ke tempat duduknya. Semua itu, harus dilakukan seorang entrepreneur agar selain rileks, tubuhnya pun lebih sehat. Ingat, kesehatan itu juga penting bagi seorang entrepreneur, karena kesehatan itu tentunya menunjangnya dalam bekerja.

Pergilah liburan !

Liburan sangatlah penting untuk membuat pikiran rileks, serta menambah wawasan baru. Memang, dengan liburan sebenarnya Anda harus keluar dari rutinitas, tetapi hal itu bisa menambah wawasan baru bagi Anda. Ketika berlibur, cobalah juga untuk berbicara kepada penduduk lokal, dan juga melakukan aktivitas seru yang tidak ditemukan di tempat kerja Anda. Bisa jadi, hal itu akan menambah pemikiran Anda dan juga menjadi cikal bakal ide untuk berinovasi dalam bisnis Anda.

Miliki waktu untuk bersepeda atau jogging

Mungkin, setiap pagi Anda sudah terbiasa bangun tidur, merapikan tempat tidur, mandi, lalu berpakaian rapi dan siap kerja dengan mobil Anda. Dan, bisa juga supir Anda yang akan mengantar Anda sampai ke tempat Anda menjalankan bisnis. Itu sebenarnya bukan hal yang salah. Tetapi, sebelum berangkat bekerja, Anda harus memiliki waktu untuk menikmati lingkungan sekitar Anda, bisa dengan cara bersepeda atau jogging sebentar di sekitar kawasan rumah Anda. Hal itu, tentunya penting bagi kesehatan serta membantu Anda untuk melihat kehidupan. Dan, tidak ada salahnya Anda menyapa orang yang Anda temukan ketika bersepeda atau jogging. Hal itu, baik untuk membuat Anda lebih berempati, karena empati adalah hal penting yang harus dimiliki seorang entrepreneur. Ada lagi keuntungan dari “istirahat wajib” yang satu ini, yaitu mendatangkan berbagai ide kreatif, yang tentunya akan sangat berguna bagi bisnis Anda.

Melakukan berbagai hal yang kreatif

Bagi seorang entrepreneur, kreativitas sangatlah penting. Karena dengan kreativitas itulah, maka ia akan menghasilkan berbagai hal baru di dalam bisnisnya. Dan, kreativitas tidak akan banyak didapatkan jika ia hanya duduk di depan komputer dan melakukan pekerjaan rutin, tetapi sesekali ia harus ada selingan dalam hidupnya untuk melakukan hal yang kreatif, seperti misalnya melakukan hal seni, seperti menggambar, bernyanyi, membuat pernak-pernik sederhana, dan lainnya. Karena, semakin Anda sering melakukan hal yang kreatif, tentunya pemikiran untuk inovasi akan semakin bertambah. Tetapi, ketika Anda sedang melakukan pekerjaan bisnis Anda sehari-hari, tetap Anda harus fokus dan tidak boleh pikiran kesana-kemari.

Berkumpul bersama keluarga dan komunitas

Penting sekali untuk seorang entrepreneur memiliki waktu bersama keluarganya. Ingat, keluarga juga tidak boleh diabaikan demi bisnis, karena justru pendukung Anda dalam berbisnis adalah keluarga Anda. Suami, istri, maupun anak-anak tetap harus mendapatkan kasih sayang dan perhatian, jadi Anda tetap harus meluangkan waktu bersama keluarga, seperti makan bersama maupun liburan bersama. Selain keluarga, Anda juga bisa menyempatkan bersama dengan komunitas Anda. Penting juga untuk Anda memiliki waktu berkumpul dengan komunitas Anda, karena disana Anda juga bisa mendapatkan ide baru untuk bisnis Anda, sekaligus mengetahui perkembangan yang terjadi di dunia ini. Hal itu tentunya membantu agar pikiran Anda juga semakin maju serta menambah jaringan Anda dalam berbisnis.

Zefanya Zefanya Jodie/Head of Vibiz Learning Centre Vibiz Consulting/VMN/BL