11 Fakta tentang Keju – Sudah Ada Sejak Ribuan Tahun yang Lalu

(Business Lounge – Do You Know?) Keju adalah makanan olahan yang berasal dari susu yang kemudian seringkali diproduksi dengan berbagai rasa, tekstur, dan bentuk dengan proses pengentalan atau koagulasi. Proses pengentalan ini dilakukan dengan bantuan bakteri atau enzim tertentu yang disebut rennet. Hasil dari proses tersebut nantinya akan dikeringkan, diproses, dan diawetkan dengan berbagai macam cara.

Variasi ini ditentukan oleh tipe susu, metode pengentalan, temperatur, metode pemotongan, pengeringan, pemanasan, juga proses pematangan keju dan pengawetan. Umumnya, hewan yang dijadikan sumber air susu adalah sapi. Tetapi keju juga dapat berasal dari air susu unta, kambing, domba, kuda, atau kerbau digunakan pada beberapa tipe keju lokal.

Ratusan jenis keju dipoduksi dari berbagai negara. Gaya mereka, tekstur dan rasa tergantung pada asal susu (termasuk makanan yang dikonsumsi oleh hewan), apakah mereka telah dipasteurisasi, isi lemak susu, bakteri dan jamur, pengolahan, dan penuaan. Herbal, rempah-rempah, atau asap kayu dapat digunakan sebagai agen penyedap.

Makanan ini dikenal di seluruh dunia, namun diduga pertama kali dikenal di daerah sekitar Timur Tengah. Meskipun tidak dapat dipastikan kapan keju pertama kali ditemukan, menurut legenda keju pertama kali ditemukan secara tidak sengaja oleh seorang pengembara dari Arab.

Keju memiliki hampir semua kandungan nutrisi pada susu, seperti protein, vitamin, mineral, kalsium, dan fosfor namun juga lemak dan kolesterol yang dapat menyebabkan masalah kesehatan apabila dikonsumsi secara berlebihan. Besaran kandungan lemak dalam keju tergantung pada jenis susu yang digunakan. Keju yang dibuat dengan susu murni atau yang sudah ditambah dengan krim memiliki kandungan lemak, kolesterol dan kalori yang tinggi. Keju sangat bermanfaat karena kaya akan protein, terutama bagi anak kecil karena mereka membutuhkan protein yang lebih banyak dibandingkan orang dewasa.

Berikut adalah beberapa fakta tentang keju:

1. Yunani memiliki tingkat konsumsi keju tertinggi di dunia per kapita, rata-rata 27,3 kilogram per orang.

2. Keju sudah ada sejak ribuan tahun yang lalu. Hal ini terbukti dengan adanya sisa-sisa keju yang ditemukan di makam-makam Mesir yang berusia lebih dari 4000 tahun.

3. Sebuah peternakan di Swedia membuat keju dari rusa.

4. Cheddar adalah keju terlaris di Amerika Serikat. Nama ini berasal dari sebuah wilayah kecil di Somersetshire, Inggris. Namun, jenis keju ini bisa ditemui di seluruh penjuru dunia. Rasanya yang lezat dengan aroma tidak terlalu tajam menjadikan cheddar cocok digunakan untuk masakan apa saja.

5. Keju mengembangkan rasa optimal dan tekstur ketika disajikan pada suhu kamar.

6. Dibutuhkan sekitar 10 liter susu untuk membuat 1 kilogram keju padat.

7. Amerika Serikat adalah produsen keju top di dunia.

8. Pizza Hut menggunakan sekitar 140 juta kilogram keju per tahun.

9. Beberapa keju disimpan selama satu tahun atau lebih sebelum mereka siap untuk makan.

10. Beberapa rumah Romawi kuno memiliki dapur khusus, yang disebut careale, dikususkan hanya untuk membuat keju. Hal ini diketahui dengan ditemukannya lukisan sebuah dapur pengolahan keju. Bahkan rumah besar orang-orang Romawi kuno memiliki dapur khusus mengolah keju.

11. Ada sekitar 700 jenis keju di Inggris dan 400 jenis keju di Prancis.

citra/VMN/BL/Journalist
Editor: Ruth Berliana
Image : pixabay