Lakukan Inovasi Layanan Valet dan Menangkan Hati Pelanggan

(Business Lounge – Present Your Service) Sangat menarik untuk membahas layanan valet yang saat ini sedang berkembang di Tiongkok. Bahkan untuk berkompetisi, Alibaba pun meluncurkan layanan valet berkelas untuk para pelanggannya. (Baca: Alibaba dan British Butler Institute Memulai Layanan Valet di Tiongkok). Mari kita pelajari lebih jauh mengenai layanan valet itu sendiri.

Sejarah Layanan Valet

Layanan valet pada dasarnya merupakan sebuah layanan yang diciptakan berkaitan dengan tuntutan kebutuhan pelanggan yang kemudian penting untuk dipenuhi agar dapat menjaga hubungan dengan si pelanggan. Perlu digarisbawahi bahwa di dalam sebuah kompetisi maka semua orang akan berupaya untuk dapat merebut hati para calon pelanggan dengan tetap mempertahankan pelanggan yang sudah ada. Karena itu, sangat penting untuk si pemilik bisnis mengidentifikasi apa yang menjadi kebutuhan pelanggan serta berupaya semaksimal mungkin untuk memberikan kepuasan maksimal kepada mereka dengan memenuhi kebutuhan mereka.

Munculnya layanan valet sangat dapat dimengerti oleh karena kondisi sistem layanan yang mengharuskan adanya inovasi/pembaharuan. Mengingat kebutuhan pelanggan yang akan selalu berkembang dari waktu ke waktu maka tidak bisa tidak, pemilik bisnis pun harus berinovasi dalam layanan valet yang disediakannya.

Sebagai contoh ketika rumah makan cepat saji belum memiliki layanan antar maka setiap pelanggan harus datang ke lokasi untuk dapat membeli makanan. Namun tidak dapat dipungkiri bahwa ada banyak sekali pelanggan yang tidak memiliki waktu untuk datang ke lokasi, karena itu saat rumah makan cepat saji yang satu menyediakan layanan antar dan mulai meraih hati banyak pelanggannya, maka rumah makan cepat saji lainnya pun harus menyediakan layanan yang sama bahkan ditambahkan inovasi lainnya agar tidak terlindas.

Berbeda lagi dengan pelayanan di hotel. Para tamu akan sangat senang apabila benar-benar diperlakukan sebagai seorang raja. Ada banyak tamu yang kembali lagi menginap di sebuah hotel oleh karena pemberian layanan valet yang lebih bersifat personal attention.

Lakukan Research Untuk Pengembangannya

Namun penyajian pelayanan valet tetap harus memperhatikan kaidah-kaidah yang ada oleh karena adanya orang-orang tertentu yang dapat saja memiliki sifat yang lebih sensitif sehingga tidak mau privacy-nya terusik sama sekali. Misalnya saja pengunjung hotel yang tidak ingin kamarnya dibersihkan. Untuk mengetahui hal ini maka penting untuk menyediakan checklist yang dapat diisi oleh calon pengunjung sebelum memasuki kamar hotel sehingga pihak hotel dapat mengetahui apa saja yang ia inginkan dan apa yang tidak ia inginkan.

Lalu, penting juga untuk melakukan survei kecil yang diberikan kepada seluruh pengunjung pada akhir periode kunjungan mereka. Dengan menganalisa hasil survei ini maka pihak hotel akan dapat membuat analisa jenis-jenis karkater para pengunjung hotel. Nah, berbekal jenis-jenis karakter ini, maka setiap kali calon penginap datang dan melengkapi checklist yang ada maka pihak hotel dapat mengidentifikasi karakter si tamu sehingga akan sangat membantu untuk menentukan layanan valet yang bagaimana yang akan diberikan.

Ada beberapa contoh layanan valet seperti:

Complimentary tea/coffe, memberikan teh/kopi secara cuma-cuma kepada tamu.
Complimentary newspaper, memberikan koran secara cuma-cuma kepada tamu.
Shoe shine Service, layanan penyemiran sepatu yang diberikan kepada tamu.
Baby sitting arrangement, layanan penitipan anak.
Valet and laundry pick-up & delivery, pelayanan dan pengambilan pakaian tamu yang telah selesai dilaundry, dan masih banyak lagi.

Pada intinya, penting untuk mencari cara untuk mengambil hati para pelanggan dan mempertahankan hubungan yang telah terjalin dengan begitu baik. Apabila layanan valet telah tersedia, maka penting untuk selalu mengevaluasinya dan melakukan inovasi.

ruth_revisiRuth Berliana/VMN/BL/Managing Partner Human Capital Development