10 Fakta Menarik tentang Gurita – si Hewan Cerdas

(Business Lounge – Do You Know?) Gurita adalah moluska Cephalopoda dari urutan Octopoda. Seperti cumi, hewan ini adalah bilateral simetris. Gurita memiliki paruh keras, dengan mulut pada titik tengah lengan. Gurita tidak memiliki kerangka internal atau eksternal (meskipun beberapa spesies memiliki sisa peninggalan dari cangkang di dalam selubung mereka), yang memungkinkan untuk meremas oleh karena jalur-jalur yang sempit yang dimilikinya. Gurita adalah yang paling cerdas dan berperilaku fleksibel dari semua invertebrata.

Gurita mendiami daerah beragam laut, termasuk terumbu karang, perairan pelagis, dan dasar laut. Mereka memiliki banyak strategi untuk membela diri terhadap predator, termasuk dengan tinta, penggunaan kamuflase, dan deimatic display, kemampuan mereka untuk bergerak cepat melalui air, dan kemampuan mereka untuk bersembunyi. Semua gurita berbisa, tetapi hanya satu kelompok, gurita cincin biru, dikenal mematikan bagi manusia.

Sekitar 300 spesies diakui, yang merupakan lebih dari sepertiga dari jumlah total spesies Cephalopoda dikenal. Istilah ‘gurita’ juga dapat digunakan untuk merujuk secara khusus untuk genus Octopus.

Gurita memiliki harapan hidup yang relatif singkat, dengan beberapa spesies hidup untuk sedikitnya enam bulan. Spesies yang lebih besar, seperti gurita raksasa Pasifik, dapat hidup sampai lima tahun dalam keadaan yang sesuai. Adapun yang menjadi penyebabnya adalah masalah reproduksi. Si jantan dapat hidup hanya beberapa bulan setelah kawin, dan betina mati tak lama setelah telur mereka menetas. Mereka tidak makan selama (kira-kira) jangka waktu satu bulan dihabiskan mengurus telur yang belum menetas mereka, akhirnya mati karena kelaparan. Dalam sebuah percobaan ilmiah, pengangkatan kedua kelenjar optik setelah pemijahan ditemukan mengakibatkan penghentian mengeram, kembali makan, meningkatkan pertumbuhan, dan rentang hidup sangat diperpanjang.

Berikut adalah beberapa fakta tentang gurita:

1. Gurita memiliki 3 buah hati. Dua hati branchial memompa darah melalui masing-masing dua insang, sementara yang ketiga adalah hati sistemik yang memompa darah melalui tubuh. Darah gurita mengandung protein hemocyanin kaya tembaga untuk mengangkut oksigen. Meskipun kurang efisien dalam kondisi normal dari hemoglobin kaya zat besi vertebrata, dalam kondisi dingin dengan tekanan oksigen rendah, transportasi oksigen hemocyanin lebih efisien daripada transportasi oksigen hemoglobin. Hemocyanin dilarutkan dalam plasma bukannya dibawa dalam sel darah merah, dan memberikan darah warna kebiruan. Gurita menarik air ke dalam rongga mantel, di mana ia melewati insangnya. Sebagai moluska, insang mereka halus dibagi dan outgrowths vascularized baik luar atau permukaan tubuh bagian dalam.

Octopus 1
2. Gurita bergerak dengan keanggunan yang sederhana, tetapi mereka tidak memiliki ritme, tidak seperti kebanyakan hewan.

Octopus 2
3. Gurita bayi lahir dengan ukuran sebesar kutu.

Octopus 3
4. Mimic Octopus dapat meniru hingga 15 spesies laut, termasuk ular laut, ikan pari, Lionfishes, dan Jellyfishes.

Octopus 4
5.Gulat gurita adalah olahraga yang populer di tahun 1960-an. Seorang penyelam akan melawan gurita di perairan dangkal dan menariknya ke permukaan.

Octopus 5
6. Gurita dimakan hidup-hidup di Korea.

Octopus 6
7. Adalah ilegal di banyak negara untuk melakukan operasi pada gurita tanpa anestesi karena kecerdasan mereka.

Octopus 7
8. Seekor gurita tidak memiliki 8 lengan tapi 6 lengan dan 2 kaki.

Octopus 8
9. Gurita Biru cincin adalah salah satu hewan laut yang paling berbisa di dunia: ia dapat membunuh Anda dalam satu gigitan, tidak ada penawar racun.

Octopus 9
10. Meskipun otak gurita seukuran buah kenari mereka, gurita yang sangat cerdas, mungkin lebih daripada urutan lainnya dari invertebrata.

Octopus 10

nancy/VMN/BL/Journalist
Editor: Ruth Berliana
Source: factslides.com
Image : flickr – Pieterjan Vandaele