Laut Weddell, Laut Terjernih Di Dunia

Weddell Seal

(Business Lounge – Do You Know) – Mungkin banyak yang belum mengetahui tentang Laut Weddell. Laut yang dikatakan sebagai laut paling jernih di dunia tersebut, terletak di lepas pantai Antartika, Kutub Selatan. Laut yang jernih dan indah ini dinamakan Laut Weddell untuk menghormati pelaut asal Inggris bernama James Weddell yang singgah di tempat ini pada tahun 1823.

Dikatakan sebagai laut terjernih, tentunya bukan karena sembarang alasan. Menurut para ilmuwan dan para ahli, Laut Weddell merupakan laut terjenih di dunia, dan hal tersebut dibuktikan dengan menenggelamkan sebuah piringan bernama Secchi Disk sedalam 262 kaki atau setara dengan 79,8 meter. Dan setelah ditenggelamkan, ketika dilihat dari permukaan, piringan yang ditenggalamkan tersebut masih terlihat tampak jelas.

Laut Weddel mendukung ekosistem laut yang kaya, di mana ada banyak sejumlah hewan, seperti udang kecil, beragam ikan, dan mamalia laut. Selain itu, ada juga sekelompok penguin yang bertelur dan membesarkan anak mereka di Semenanjung Antartika. Bisa dikatakan, Laut Weddell juga merupakan tempat yang aman untuk tempat berkembang biak berbagai jenis hewan. Salah satu hewan yang dapat ditemukan di Laut Weddel adalah penguin, dengan jenis Adélie Penguin dan Emperor Penguin.

Selain penguin, disana bisa juga ditemukan Weddell Seal atau dapat juga disebut dengan Anjing Laut yang hidup di Laut Weddell. Weddell Seal ini merupakan hewan yang unik, karena terkenal untuk penyelaman yang sangat dalam, yaitu sejauh 700m. Dan bukan itu saja, mereka bahkan bisa juga menahan nafas untuk waktu yang lumayan panjang, yaitu sampai dengan 80 menit.

Laut Weddell, yang merupakan laut paling jernih di dunia, memang terlihat begitu indah. Beningnya air lautnya, tentu membuat Laut Weddell menjadi istimewa. Selain anjing laut dan penguin, masih banyak lagi hewan laut yang hidup disana, seperti beberapa jenis paus, yaitu killer whale, humpback whale, dan minke whale.

Memang, laut terjernih di dunia ini benar-benar menarik. Bermacam-macam fauna hidup di dalamnya dan bebas berkembang biak. Udara di sekitarnya pun bisa dikatakan bersih dan suhunya sangat dingin. Laut Weddell, yang merupakan laut terjernih di dunia, tentunya menyimpan ribuan pesona yang tak terkatakan.

Michelle Intan/VMN/BL/Contributor
Editor : Fanya Jodie
Image: Wikipedia