(Business Lounge – Lead & Follow) Di level top management, eksekusi adalah sebuah bagian dari pekerjaan, suatu perjalanan menuju tujuan. Banyak orang mempelajari bagaimana cara membuat bermacam-macam strategi sejak masih kuliah S1 terlebih lagi di S2. Pearson dalam salah satu jurnalnya mengatakan survey membuktikan bahwa para pemimpin pintar membuat rencana dan strategi namun lemah dalam eksekusi. Hal ini sangat dirasakan terlebih dalam industri perbankan. Untuk menjalankan strategi sangat diperlukan seorang executor yang baik.

Strategi harus selalu diikuti oleh “execution” yang sangat mempengaruhi berhasil atau tidaknya strategi yang telah dibuat. Di dalam perjalanan sebuah strategi, kadang kita perlu menyesuaikannya dengan tantangan dan perubahan yang terjadi. Disinilah eksekusi sangat berperan penting. Apabila dalam perusahaan tidak ada seorang eksekutor yang baik maka strategi akan menjadi mengambang dan tidak tentu arah.

Execution

Sebenarnya apakah yang dimaksud dengan “execution?”

Execution adalah suatu pengambilan keputusan strategis yang menyangkut masa depan perusahaan dan pada top level pengambilan keputusan ini berpengaruh pada kelangsungan perusahaan. Diperlukan para pemimpin yang berani dalam melakukan eksekusi yang mampu mempertimbangkan benefit lebih tinggi daripada resiko yang terjadi. Execution ini tidak dapat dipelajari dari bangku kuliah namun lebih kepada pengalaman atau jam terbang Anda.

Banyak orang melakukan ekskusi yang tidak tepat. Namun banyak juga yang sudah tepat mengeksekusi namun pada akhirnya tidak berhasil. Hal ini tentu ada sebabnya. Laura Stack, seorang expert Amerika dan penulis buku mengatakan bahwa execution adalah bagian dari strategi.

Keberhasilan Eksekusi

Untuk sebuah eksekusi yang baik diperlukan empat kunci sukses. Empat kunci itu adalah L-E-A-D:

1. Leverage

Apakah Anda cukup kuat sebagai seorang pemimpin dan memiliki orang-orang yang tepat dalam perusahaan Anda yang menjadi penggerak untuk menerima prioritas strategi Anda? Jika tidak ada maka Anda harus mencari orang-orang yang tepat.

2. Environment

Apakah organisasi Anda memiliki praktek dari peraturan-peraturan tak tertulis yang justru mampu membuat para karyawan Anda menunjang prioritas strategi Anda? Contohnya kebiasaan karyawan untuk tunduk bahkan loyal pada pimpinan sekalipun untuk hal yang tidak tertulis.

3. Alignment

Apakah kegiatan sehari-hari anggota tim Anda membuat mereka bergerak ke arah pencapaian tujuan akhir organisasi ? Jika tidak , maka Anda memiliki masalah komunikasi/produktivitas. Kelihatannya banyak aktivitas tapi tidak akan pernah mencapai tujuan akhir.

4. Drive

Apakah organisasi Anda, mulai dari pemimpin, anggota tim, karyawan cukup gesit untuk bergerak cepat setelah tiga kunci pertama di atas? Jika tidak, Anda memiliki masalah kecepatan/kelincahan. Tim harus bergerak aktif dan gesit untuk mencapai tujuan organisasi.

Melalui keempat kunci ini maka sebuah eksekusi pasti berhasil untuk mencapai tujuannya! Keempat hal ini unik karena seringkali kehadirannya diabaikan dan tidak dianggap penting. Temukan keempat kunci ini dalam lingkup kerja Anda dan cobalah apakah eksekusi Anda berhasil?

Vera Herlina Vera Herlina/VMN/BL/CEO of Management Soft Skill Academies Vibiz Consulting Group