10 Fakta tentang Unta (Unta Dapat Minum 40 Galon Air Sekali Minum)

(Business Lounge – Do You Know?) Unta adalah hewan berkuku dengan bantalan lemak yang khas yang dikenal sebagai “punuk” di punggungnya. Dua spesies yang masih hidup dari unta adalah dromedary dan dromedarius (unta berpunuk satu) yang mendiami Timur Tengah dan daerah Gading Afrika; dan Baktria, atau unta berpunuk dua yang menghuni Asia Tengah. Kedua spesies telah dijinakkan; mereka memberikan susu, daging, rambut untuk tekstil atau barang seperti kantong dikempa, dan hewan ini juga dipekerjakan sebagai transportasi manusia atau untuk mengangkut beban.

Istilah “unta” berasal melalui Latin dan Yunani (camelus dan kamēlos). Sedangkan dalam bahasa Ibrani kata ini mengandung arti berhenti, menyapih. Hal ini mengacu pada kemampuannya untuk kemampuannya bertahan tanpa makanan atau air.

Berikut adalah fakta mengenai unta.

Fakta 1: Punuk unta tidak menyimpan air seperti yang biasa dipikirkan. Bahkan, punuk unta memiliki cadangan lemak yang memungkinkan mereka untuk hidup tanpa makanan selama hampir satu bulan. Hal ini juga berfungsi sebagai insulator untuk menyimpan panas.

Fakta 2: Ini adalah satu-satunya mamalia yang memiliki bentuk sel darah merah oval. Bentuk ini tidak biasa dan memungkinkan mereka untuk bertahan untuk waktu yang lama tanpa air.

Fakta 3: Unta minum hingga 40 galon air pada suatu waktu. Mereka bisa kehilangan 25% dari cairan tubuh mereka tanpa bahaya dehidrasi.

Fakta 4: Unta makan tumbuh-tumbuhan kecil dan rumput, semak-semak, dan pohon. Mereka mengunyah tulang rusa dan ikan.

Fakta 5: Unta kawin sepanjang tahun tetapi kebanyakan ketika masa subur. Betina bereproduksi sampai mereka berusia 30 tahun dan memberikan satu anak setiap dua tahun.

Fakta 6: Hewan ini hidup dalam kelompok atau sendirian. Ketika mereka berkelompok maka itu menjadi sebuah kebanggaan. Satu jantan memiliki banyak betina.

Fakta 7: Susu yang dihasilkan oleh unta lebih sehat daripada susu sapi.

Fakta 8: Bagian luar tubuh unta penuh callosities yang memungkinkan mereka berbaring pada permukaan padang pasir yang panas. Urin mereka kental dan kotoran mereka sangat kering sehingga dapat digunakan untuk bahan bakar.

Fakta 9: Unta menutup lubang hidung mereka saat berjalan melawan angin dan pasir. Unta menyimpan dendam dan dapat menendang ke segala arah dengan masing-masing kaki mereka.

Fakta 10: Salah satu mekanisme pertahanan unta adalah ‘meludahi’ siapa saja yang dianggap dan dirasakan adalah musuhnya. Ketika dipancing, unta akan memuntahkan cairan hijau berbau busuk dari perut mereka kepada orang atau sesuatu yang dirasa telah memancing mereka.

nancy/VMN/BL/Journalist
Editor: Ruth Berliana
Image :Antara