Ingin Wajah Cantik dan Sehat? Coba Saja Toner Alami dari Lemon dan Madu

(Business Lounge – Do You Know?) Bagi wanita yang gemar belajar tentang kecantikan, pasti mengerti manfaat peng-aplikasian toner untuk wajah. Tetapi, bicara mengenai toner, pernahkah Anda mengetahui bahwa toner dapat dibuat sendiri? Caranya mudah saja, yaitu Anda dapat membuat toner dengan bahan campuran dari lemon dan madu. Bila mendengar madu dan lemon, pastinya sudah tidak asing lagi di telinga Anda, karena banyak orang mengatakan bahwa meminum campuran madu dan lemon dapat menguruskan badan, membebaskan kulit dari jerawat, mencegah kanker dan lainnya.

Namun, sekarang Anda harus tahu, bahwa selain diminum, lemon dan madu juga bermanfaat bagi kecantikan, yaitu dengan cara dibuat menjadi toner. Lemon dan madu merupakan kombinasi yang cocok untuk dijadikan toner karena lemon memiliki banyak vitamin C dan madu berfungsi untuk melembabkan kulit Anda. Dan, toner alami ini tentunya berkhasiat bagi kulit wajah Anda. Mau tahu manfaat toner lemon dan madu? Ini dia manfaatnya :

Mencegah penuaan pada kulit

Madu dapat mencegah penuaan pada kulit karena madu memiliki manfaat sebagai penangkal radikal bebas yang dapat membuat kulit tampak lebih muda.

Melembabkan kulit

Madu dapat melembabkan kulit karena madu mengandung nutrisi yang dapat menjaga kekenyalan kulit dan juga mencegah peradangan pada kulit.

Mencerahkan kulit.

Lemon mengandung banyak nutrisi yang dapat mencerahkan kulit serta membantu menghilangkan noda-noda hitam Anda dengan tingkat asam yang tidak berbahaya pada kulit.

Membantu menghilangkan jerawat pada kulit.

Lemon yang mengandung asam nitrat dapat berfungsi untuk mengeringkan jerawat pada kulit anda. Asam nitrat juga dapat membantu pengelupasan kulit sehingga kulit-kulit mati di wajah anda dapat tergantikan dengan kulit baru.

Cara untuk membuat toner lemon dan madu sangatlah mudah,  yaitu dengan cara mencampurkan 2 sendok teh madu dan 2 sendok teh lemon dengan air oksigen secukupnya. Jika tidak ada air oksigen, Anda dapat mencampurkan dengan air biasa. Kocoklah di botol hingga merata lalu teteskan secukupnya di kapas dan usapkan di wajah Anda pada malam hari setelah mandi. Jika Anda memiliki bahan lebih, Anda dapat juga membuat masker dari lemon dan madu yang juga bermanfaat untuk kulit Anda. Tetapi, hentikan pemakaian jika Anda mengalami efek samping setelah mencobanya karena lemon memang tidak cocok untuk semua jenis kulit. Selamat mencoba!

Michelle Intan/VMN/BL/Contributor
Editor : Fanya Jodie
Image:flickr – Breville USA