Omron Rilis Jaringan Kamera untuk Pantau Bayi dan Hewan Peliharaan

(Business Lounge – Tech & Gadget) Omron Corp, perusahaan elektronik asal Jepang telah merilis kamera nirkabel jaringan LAN kompatible yang mampu menampilkan fungsi pengenalan wajah, seperti dilansir dari Japantoday (30/8).

Berbeda dengan kamera lain yang pernah ada sebelumnya, kamera “Human Vision Compo Kazoku Mesen” demikian disebut, dilengkapi dengan Okao Vision yang memungkinkan pengguna untuk memonitor bayi atau hewan peliharaan mereka di kamar dengan smartphone melalui internet.

Kamera Human Vision Compo Kazoku Mesen dapat mendeteksi sekitar 13 item. Secara khusus kamera ini dapat mengenali wajah, mendeteksi wajah, tangan, tubuh manusia, hewan peliharaan, objek bergerak, suara, memperkirakan jenis kelamin, umur, ekspresi wajah, orientasi wajah, garis mata dan mata tertutup.

Resolusi maksimal kamera adalah 1280 x 720 yang dapat men-shoot gambar ruangan dengan sudut pandang hingga 100 derajat. Kamera dapat diletakan di dinding atau di tempat spesial yang dikombinasikan dengan aplikasi smartphone.

Kamera Human Vision Compo Kazoku Mesen ini diakses melalui server berbasis cloud yang memiliki otentikasi Omron. Setelah otentikasi, data langsung ditukar antara kamera dan aplikasi smartphone. Oleh karena itu, gambar yang diambil oleh kamera tidak di transmisikan ke server.

Untuk ukuran, kamera ini memiliki dimensi 70 x 42 x 70 mm, dengan berat sekitar 100g. Dilengkapi dengan lampu LED inframerah, kamera tetap dapat mengambil gambar meskipun dalam ruangan gelap.

Sebagai aplikasi pertama yang menggunakan fungsi-fungsi pengenalan wajah, Omron berencana akan merilis dua aplikasi sekaligus, yaitu Kazoku Mesen Akachan untuk memonitor bayi dan Kazoku Mesen Pet untuk memonitor hewan peliharaan.

Tertarik untuk memiliki kedua kamera diatas, kamera ini akan dirilis pada tanggal 11 September untuk Android dan akhir September untuk iOS dengan harga 29800 Yen atau sekitar 3,4 juta rupiah.

W.Lubis/VMN/BL/Analyst-Vibiz Research Center
Editor : Lidia Wulan