Jeff Bezos Berikan Diri Untuk Diakses Seluruh Karyawannya

(Business Lounge – Lead & Follow) Jeff Bezos memang sedang prihatin oleh karena adanya berita-berita miring yang dipublikasikan mengenai budaya kerja yang dikatakan “kurang sehat” di perusahaan yang dipimpinnya. Namun hal ini tidak membuatnya diam tetapi ia tampil untuk “menenangkan” para pengikutnya.

Dalam sebuah email yang ditujukannya kepada mereka yang disebutnya dengan ‘Amazonians’, Bezos mengajak semua pekerjanya untuk membaca apa yang media tuliskan tentang lingkungan kerja Amazon. Bezos memang mengatakan bahwa artikel tersebut tidak menggambarkan Amazon yang ia tahu. Tetapi kepada para pekerjanya ia mengatakan bahwa apabila pada prakteknya ada pekerja yang mengetahui hal-hal seperti yang dituliskan pada beberapa media, maka ia berharap untuk hal tersebut dapat diteruskan kepada pihak Sumber Daya Manusia (SDM) atau secara langsung mengirimkan email kepada email pribadi Bezos.

Terbuka dan Menceritakan Apa Adanya

Bezos tidak menutupi apa yang media tuliskan tentang Amazon, malahan ia mengedarkan link berita tersebut dan meminta Amazonian untuk membacanya.

Penting untuk bersikap terbuka dan apa adanya tanpa berupaya menutup-nutupi sebuah keadaan yang bisa saja kemudian diketahui oleh para pengikut dari pihak ketiga. Ceritakan saja apa yang sebenarnya terjadi kepada seluruh pengikut dan biarkan mereka memiliki reaksi mereka sendiri menurut apa yang mereka pahami tanpa berupaya mempengaruhi mereka.

Segera Tampil di Depan

Penting bagi seorang pemimpin untuk segera berdiri di paling depan saat sebuah permasalahan muncul mengatasnamakan seluruh organisasi. Amazon telah bertumbuh menjadi perusahaan raksasa dunia. Munculnya berita tidak sedap pada media massa yang mengatasnamakan Amazon berarti melibatkan tidak hanya pemimpin tetapi semua keluarga besar Amazon. Itulah sebabnya sangat penting bagi seorang pemimpin untuk mengambil posisinya berada di paling depan untuk memberikan ketenangan bagi seluruh pengikutnya.

Tidak membutuhkan waktu yang lama untuk membiarkan masalah ini berlarut-larut, Bezos sudah tampil di depan dan menghadapi semua media massa untuk memberikan ketenangan bagi seluruh ‘Amazonians’.

Memberi Kemudahan untuk Diakses

Bezos memberikan email pribadinya untuk diketahui semua orang sehingga siapa saja dapat dengan mudah menghubunginya.

Adalah baik bagi seorang pemimpin untuk tidak meng‘eksklusif’kan diri begitu rupa sehingga seperti berada pada dunia yang terpisah dengan mereka yang dipimpinnya. Pemimpin yang baik akan ada berada bersama-sama dengan pengikutnya baik dalam situasi yang baik, apalagi pada situasi yang sulit.

Buatlah sebuah sistematika sehingga diri Anda dapat dengan mudah diakses oleh seluruh pengikut Anda. Hal ini akan mendorong setiap pekerja untuk merasa tenang sebab mereka tahu bahwa mereka memiliki seorang pemimpin yang akan dapat mereka hubungi setiap saat. Ada baiknya jika Anda adalah seorang pemimpin untuk mengevaluasi seberapa Anda dapat diakses oleh seluruh pengikut Anda.

Tim HR Sebagai Perantaranya

Bezos hanyalah seorang diri, sedangkan pengikutnya saat ini telah berjumlah lebih dari 180 ribu orang. Akan sangat sulit bila ia dapat meladeni seluruh karyawannya, karena itu ia menempatkan tim Sumber Daya Manusia (SDM) untuk dapat menjadi perwakilan baginya untuk dapat memperoleh kejelasan bilamana apa yang dituliskan media massa tersebut adalah benar.

Dalam berbagai kasus, unit SDM memang sering kali bertindak sebagai perwakilan manajemen untuk dapat memberikan solusi bagi para karyawan dan juga menjadi penyambung lidah mereka kepada pihak manajemen. Karena itu memang sangat penting untuk memastikan tim ini dapat bekerja ekstra untuk dapat memberikan bantuan saat itu diperlukan. 

ruth_revisiRuth Berliana/VMN/BL/Managing Partner Human Capital Development