Heartbeat, Rangkaian 100,000 Balon

(Business Lounge – Art)

London sedang mempersiapkan sebuah festival yang diberi nama London Design Festival. Ini merupakan sebuah acara perayaan dari desainer internasional tahunan yang akan berlangsung sejak 19 September mendatang hingga 27 September 2015.

Festival kali ini adalah yang ke-13, para talent pun akan menunjukkan tren desain terbarunya baik dalam inovasi juga dengan melangsungkan berbagai acara menarik dan pameran. Lebih dari 350 acara dan instalasi akan dipentaskan oleh ratusan studio yang berbeda dan individu dari seluruh dunia, yang mencakup spektrum yang luas dari inovasi desain.

Salah satunya adalah Charles Pétillon dari Prancis yang membuat sebuah kejutan dengan membuat awan memenuhi sebuah bangunan yang disebut Garden Market. Bangunan yang telah berdiri sejak abad ke-19 ini mendadak dipenuhi awan putih nan demikian menawan.

Pétillon memenuhi bangunan tersebut dengan 100.000 balon putih raksasa yang dirangkainya membentuk awan-awan putih yang tergantung di langit-langit bangunan. Ia menamakan instalasinya ini dengan nama “heartbeat”. Ini merupakan hasil karya Pétillon yang pertama yang dipersembahkannya untuk publik dan dikerjakannya di luar dari negeri asalnya.

Seperti dilansir oleh designboom, Charles Pétillon mengemukakan bagaimana hasil invasi balon yang dilakukannya ini merupakan sebuah metafora. Dengan hal ini ia memiliki tujuan untuk mengubah cara pandang masyarakat atas hal-hal yang mereka hidupi bersama setiap hari tanpa benar-benar memperhatikan mereka. Pétillon mengatakan bahwa dengan ‘detak jantung’ merupakan sebuah yang mewakili bangunan pasar yang telah berfungsi sebagai jantung yang terus berdebar di daerah tersebut. Pasar telah menghubungkan masa lalu dengan hari ini untuk memungkinkan pengunjung melihat kembali peranannya di jantung kota London.

Instalasi balon ini diluncurkan menjelang London Design Festival dibuka. Sejumlah 100,000 balon putih dirangkai melalui lorong selatan bangunan dengan total panjang 54 meter. Instalasi juga menggabungkan lembutnya cahaya putih, yang dirancang untuk mencerminkan sejarah, energy, dan dinamisme sebuah distrik.

Pétillon juga menjelaskan bagaimana setiap balon memiliki dimensi sendiri dan merupakan bagian dari instalansi yang walaupun raksasa namun rapuh yang membentuk awan yang mengambang di atas energi yang berasal dari pasar di bawahnya. Dikatakan rapuh sebab demikianlah bahan yang digunakan untuk membuat balon tersebut. Namun Warna putihnya balon yang berpadu dengan cahayanya memberikan arti hidup nan penuh semangat.

Heartbeat akan berada di bangunan pasar sampai 27 September.

citra/VMN/BL/Journalist
Editor: Ruth Berliana
Image : Paul Grover