NASA Uji Coba Parasut yang Dapat Membawa Orion Kembali dari Mars ke Bumi

(Business Lounge – Global News) NASA sedang mengujicoba Orion, sebuah kapsul ruang angkasa yang suatu hari nanti dapat membawa astronot ke Mars. Pada bulan Desember lalu hal ini sukses dilakukan tetapi memang uji coba yang dilakukan cukup mudah. Ketika kapsul tersebut jatuh dari orbit rendah bumi, maka parasut akan bekerja untuk memperlambat kapsul sehingga dapat selamat sampai ke bumi. Tetapi pada Rabu (26/8) NASA mengalami rintangan. Di ruang angkasa, segala sesuatu dapat saja terjadi dan hal itu dapat terjadi kapan saja. Bagaimana jika dua dari sebelas parasut kemudian gagal? Hal itulah yang terjadi pada uji coba yang dilakukan Selasa (26/8) lalu.

Tidak ada masalah besar, menurut uji parasut pada Rabu (26/8). Pada pagi hari pesawat menjatuhkan tiruan dari kapsul Orion dari ketinggian 35.000 kaki di atas Yuma Proving Ground  milik Angkatan Darat AS di Arizona. Mengapa digunakan tiruan kapsul Orion? Sebab untuk sebuah kapsul Orion yang asli, diperlukan biaya miliaran dolar yang tidak mungkin dibiarkan terbuang percuma. Kapsul Orion memiliki total sebelas parasut dengan lima di antaranya yang dikatakan relevan dengan tes ini: dua parasut kecil merupakan parasut pesawat untuk menjaga kestabilan, dan tiga parasut utama dapat memperlambat kapsul sampai 20 mph.

Kali ini, meskipun, hanya satu parasut kecil dari parasut pesawat dan dua parasut utama yang digunakan, uji coba dapat berlangsung dengan baik. NASA menganggap pendaratan sukses, meskipun salah satu panel dari kapsul tiruan tersebut tidak terlepas. Pendaratan tidak dapat dikatakan mulus, tetapi paling tidak, tidak terjadi bencana.

Kapsul Orion

NASA telah menguji parasut sejak 2012, dan menemukan banyak jenis kegagalan parasut. Misalnya, ketika kapsul telah dijatuhkan dan salah satu parasut pesawat ternyata gagal atau salah satu parasut utama tidak mengembang dengan baik. Tes pada Selasa (26/8) kemarin terdapat 2 parasut yang tidak bekerja dan ini dianggap sebagai hal yang paling beresiko sejauh ini, demikian dituliskan pada twitter resmi NASA.

Sekarang NASA tahu Orion dapat dengan aman kembali ke Bumi, hanya perlu untuk mencari tahu persis bagaimana untuk mengirimkan pesawat ruang angkasa ke ruang angkasa.

nancy/VMN/BL/Journalist
Editor: Ruth Berliana
Image : NASA