10 Fakta tentang Telur

(Business Lounge – Do You Know?) Berikut adalah sepuluh fakta tentang telur.

1. Telur dianggap sebagai simbol penciptaan dalam banyak peradaban kuno kemungkinan besar karena hampir semua makhluk hidup lahir dari sebuah telur dalam satu atau lain cara, termasuk manusia.

2. Telur segar tenggelam di air, sedangkan telur yang busuk atau yang sudah tidak baik akan mengapung.

3. Beberapa karakter diberu nama kepada telur. Misalnya Humpty Dumpty, yaitu telur yang jatuh dari dinding, berantakan, dan tidak bisa disatukan kembali. Big Eggo, komik yang pernah terkenal pada tahun 1938. Dizzy, telur dengan kaki, lengan, dan wajah yang ditampilkan dalam beberapa game komputer dari akhir 1980-an dan awal 1990-an. Chuckie Egg, permainan komputer lain dari Inggris yang terkenal pada tahun 1980-an.

4. Dinosaurus memiliki telur terbesar. Fosil telur terbesar ditemukan di Tiongkok pada 1990-an. Ini tanggal dari periode Cretaceous dengan panjang 60 sentimeter panjang dan lebar 20 cm. Burung unta juga memiliki telur terbesar dari spesies hidup apapun, panjang sekitar 15 sentimeter, lebar sekitar 13 cm lebar, dan berat hampir 1,5 kilogram, 20 kali lebih berat daripada telur ayam.

5. Ada tempat di Swiss yang disebut Egg dengan populasi hanya di bawah 8.000 orang. Ada kota lain yang disebut Egg di Austria dengan populasi hanya di bawah 3.500 orang. Di Bahama ada Egg Island, dihuni oleh ayam milik warga dari pulau-pulau lain yang mengunjungi Egg Island untuk mengumpulkan telur ayam mereka.

6. Conservative MP Edwina “Eggwina” Currie membuat klaim pada tahun 1988 bahwa kebanyakan telur Inggris terkontaminasi salmonella. Hal ini menyebabkan penurunan 60% dalam penjualan telur. 400 juta telur perlu dihancurkan dan 4 juta ayam disembelih untuk menghentikan penularan. Pemerintah Inggris membayar jutaan kompensasi.

7. Pada tahun 1998, 10 tahun setelah pernyataan Edwina Currieyang menyebabkan penurunan tajam dalam penjualan telur, koki TV Delia Smith mengajarkan bangsa bagaimana untuk merebus telur dengan sempurna sebagai bagian dari serial TC ‘How To Cook’. Penjualan telur terangkat!

8. Burung unta dapat menghasilkan satu telur setiap dua hari dari pertengahan Maret sampai pertengahan Agustus.

9. Telur coklat berasal dari ayam coklat, telur putih berasal dari ayam putih. Tidak ada perbedaan dalam gizi atau rasa antara telur coklat atau putih. Telur coklat cenderung lebih mahal daripada telur putih karena ayam coklat lebih besar dari ayam putih sehingga biaya diperhitungkan sebagai biaya makanan.

10. Pada tahun 1950, telur diiklankan di TV Inggris dengan komedian Tony Hancock. Kampanye yang terkenal, dan slogan, “Go To Work On An Egg,” mempromosikan keterjangkauan dan manfaat kesehatan dari makan telur untuk sarapan setiap pagi. Upaya oleh British Egg Information Service untuk menyiarkan ulang iklan ini pada tahun 2007 ditolak oleh regulator iklan karena mereka tidak mempromosikan makanan yang bervariasi.

citra/VMN/BL/Journalist
Editor: Ruth Berliana
Image : Antara