Copenhagen, Kota Idaman Pengguna Sepeda

(Business Lounge – Do You Know?) Olahraga apa yang menjadi pilihan Anda, selain menyehatkan, murah dan mudah? Olahraga sepeda menjadi pilihan populer banyak kalangan di negara maju dan berkembang.

Jika dilihat dari pengurangan jumlah kalori dengan menghitung jumlah kalori yang terbakar, kelihatannya olahraga sepeda bukanlah pilihan yang cukup ideal.

Namun bersepeda, bisa menjadi pilihan olahraga low impact, dengan henatakan yang rendah, bisa menjadi pilihan tepat untuk olahraga ringan. Bersepeda tidak memerlukan teknik yang sulit. Pengguna sepeda bisa pulang pergi ke tempat kerja atau ke tempat tujuan dengan mudah.

Namun yang menjadi pertanyaan juga, di mana bisa bersepeda dengan nyaman dan menyenangkan, dengan suasana dan situasi yang bersahabat bagi pengguna sepeda?

Pengukuran yang dilakukan melalui Copenhagenize Index 2015 menyebutkan bahwa Copenhagen, ibu kota negara Denmark menjadi kota terbaik dan bersahabat untuk pengguna sepeda.

Indeks ini mengukur 13 kriteria yang berbeda untuk masing-masing kota, dari infrastruktur seperti jalur sepeda, program berbagi sepeda, iklim politik dan budaya untuk pengendara sepeda dan persentase populasi menggunakan sepeda bukan mobil.

Penggunaan sepeda menjadi usulan terkait urbanisasi, bagaimana memudahkan orang bergerak di sekitar kota dengan ruang terbatas. Sepeda adalah solusinya bagi populasi yang ada. Ini bisa mengurangi kemacetan lalu lintas, membuat kota lebih bersih, dan meningkatkan kesehatan masyarakat.

Selain Kota-kota di Eropa, kota-kota di Amerika Serikat seperti Minneapolis juga masuk dalam daftar kota bersahabt bagi pengguna sepeda, ada di peringkat 18. Kota ini menghargai jalur sepeda, memberikan perlindungan dan adanya penerimaan sepeda sebagai sarana transportasi yang layak, yang diterima dan dihormati

Pengukuran dilakukan terhadap 122 kota di dunia, dan terpilih 20 kota yang paling bersahabat dengan pengguna sepeda.

Beberapa kota-kota Amerika lainnya seperti New York, Washington DC, dan San Francisco juga berusaha masuk peringkat, kemungkinan akan bisa masuk 20 besar di tahun 2017.

Kota-kota apa saja yang masuk dalam 20 kota pilihan bagi pengguna sepeda? Silakan lihat pada infografis di bawah ini.

copenhagen

Dodo/BL/VMN/Journalist
Editor : Ruth Berliana
image : wikipedia