10 Fakta Menarik Tentang Alexander The Great

(Business Lounge – Do You Know?) Alexander III dari Makedonia (20/21 Juli 356 SM – 323 SM 10/11 Juni), umumnya dikenal sebagai Aleksander Agung adalah Raja (Amira) dari kerajaan Yunani Kuno dari Makedonia dan anggota dari dinasti Argead. Lahir di Pella pada 356 SM, Alexander menggantikan ayahnya, Filipus II, tahta pada usia dua puluh. Dia menghabiskan sebagian besar tahun-tahun kekuasaannya pada kampanye militer yang belum pernah terjadi sebelumnya melalui Asia dan timur laut Afrika, sampai pada usia tiga puluh ia telah menciptakan salah satu kerajaan terbesar dari dunia kuno, membentang dari Yunani ke Mesir dan ke laut India. Dia tak terkalahkan dalam pertempuran dan dianggap sebagai salah satu komandan militer sejarah yang paling sukses.

Selama masa mudanya, Alexander diajari oleh filsuf Aristoteles sampai usia 16. Setelah Philip dibunuh pada 336 SM, Alexander menggantikan tahta ayahnya dan mewarisi kerajaan yang kuat dan tentara yang berpengalaman. Dia telah dianugerahi keahlian militer Yunani dan menggunakan otoritas ini untuk memulai proyek Panhellenic ayahnya untuk memimpin orang-orang Yunani dalam penaklukan Persia. Pada 334 SM, ia menginvasi Kekaisaran Achaemenid, memutuskan Asia Kecil, dan mulai serangkaian kampanye yang berlangsung sepuluh tahun. Alexander mematahkan kekuatan Persia dalam serangkaian pertempuran yang menentukan, terutama pertempuran Issus dan Gaugamela. Ia kemudian menggulingkan Raja Persia Darius III dan menaklukkan Kekaisaran Achaemenid secara keseluruhan. Pada saat itu, kerajaannya membentang dari Laut Adriatik sampai Sungai Indus.

Alexander memiliki visi untuk sampai ke timur, meskipun, sampai ke ujung dunia dan Great Outer Sea. Alexander meninggal di Babel pada 323 SM pada usianya yang ke-32, di kota yang ia rencanakan akan menjadi ibukota. Ia terserang penyakit yang tak kunjung sembuh hingga ia menemui ajalnya. Saat itu Alexander sedang ada dalam misinya untuk menaklukkan semenanjung Arabia, namun misi ini pun akhirnya terhenti. Sesaat sebelum meninggal, ia ditanyai oleh pasukannya tentang kepada siapa tahta penguasa kerajaannya akan diberikan. Alexander menjawab, “kepada orang yang terkuat.”

Warisan Alexander meliputi difusi budaya penaklukan ditimbulkan, seperti Yunani-Buddha. Ia mendirikan beberapa puluh kota yang menyandang namanya, terutama Alexandria di Mesir. Penyelesaian Alexander dari penjajah Yunani dan penyebaran yang dihasilkan dari kebudayaan Yunani di timur menghasilkan peradaban Helenistik baru, aspek yang masih jelas dalam tradisi Kekaisaran Bizantium pada pertengahan abad ke-15 dan adanya speaker Yunani di pusat dan jauh Anatolia timur sampai tahun 1920-an. Alexander menjadi legendaris sebagai pahlawan klasik dalam cetakan Achilles, dan dia fitur mencolok dalam sejarah dan mitos Yunani dan budaya non-Yunani. Ia menjadi ukuran bagi para pemimpin militer untuk mengukur diri sendiri, dan akademi militer di seluruh dunia masih mengajarkan taktiknya. Ia sering diperhitungkan di antara orang yang paling berpengaruh di dunia sepanjang masa, bersama dengan gurunya Aristoteles.

Berikut beberapa fakta tentang Alexander The Great atau Alexander Agung

1. Dalam 15 tahun penaklukan, Alexander Agung tidak pernah kalah dalam pertempuran.

The Great 1

2. Alexander Agung itu diajari oleh Aristoteles sampai usia 16 ketika ia naik takhta.

The Great 2

3. Alexander Agung mencuci rambutnya dengan kunyit untuk tetap mengkilap dan berwarna oranye.

The Great 3

4. Alexander Agung, Napoleon, Mussolini dan Hitler, semua menderita Ailurophobia, yaitu takut pada kucing.

The Great 4

5. Alexander Agung memiliki iridum heterochromia, yaitu salah satu matanya berwarna biru dan yang lainnya adalah cokelat.

The Great 5

6. Setelah mengalahkan Persia, Alexander Agung mulai berpakaian seperti orang Persia dan mengambil dua istri Persia.

The Great 6

7. Alexander Agung mendirikan 70 kota, memberi nama setidaknya 20 sesuai dengan namanya sendiri dan satu dengan sesuai nama kudanya.

The Great 7

8. Alexander Agung adalah hidup bersamaan dengan Raja Makedonia, Firaun Mesir, Raja Persia, dan Raja Asia.

The Great 8

9. Alexander Agung pernah mengadakan kontes minum di antara para prajuritnya. Ketika acara tersebut berakhir, 42 orang meninggal akibat keracunan alkohol.

The Great 9

10. Tiga putra Fidel Castro dinamai seperti Alexander Agung: Alexis, Alejandro, dan Alexander.

The Great 10

nancy/VMN/BL/Journalist
Editor: Ruth Berliana
Source: factslides.com
Image : wikipedia