Beberapa Fakta Menarik Tentang Bung Hatta

Bung Hatta 2

(Business Lounge – Do You Know?) Mohammad Hatta, salah satu proklamator kemerdekaan Republik Indonesia adalah salah seorang yang patut dikenang jasa-jasanya. Tidak hanya itu, kepribadiannya sering kali dapat menjadi suri tauladan bagi para pemimpin bangsa saat ini. Bung Hatta, demikian ia lebih dikenal, memang bukan orang yang banyak bicara, tetapi pemikirannya telah membuahkan hasil, yakni kemerdekaan Indonesia.

Bung Hatta tidak hanya disegani di dalam negeri, tetapi juga di luar negeri. Sosoknya yang berwibawa, kecerdasan dan kesederhanaannya telah menjadi inspirasi banyak orang. Namun Bung Hatta baru memperoleh gelar pahlawan pada tahun 2012.

Berikut adalah beberapa fakta tentang Bung Hatta.

1. Bung Hatta lahir di kota Fort de Kock, Sumatera Barat pada 12 Agustus 1902 dan wafat pada 14 Maret 1980.

2. Bung Hatta memakai nama samaran Rachim ketika surat menyurat politik dengan Bung Karno pada tahun 1930-an. Rachim ini adalah nama ayah mertua Bung Hatta kelak. Surat-surat Bung Hatta ini sempat menjadi masalah bagi seorang bernama Pak Rachim, ketika Bung Karno ditangkap di Bandung. Pak Rachim ini harus berurusan dengan PID. Saat itu tidak ada yang mengira jika Bung Hatta kelak menjadi menantu dari Pak Rachim.

3. Bung Hatta menikah dengan Rahmi pada 18 November 1945. Bung Hatta membawakan sandwich yang dibuat sendiri untuk Rahmi ketika akan melahirkan anak pertama mereka. Selain itu, Bung Hatta selalu memperhatikan arah sinar matahari ketika mengendarai mobil bersama istrinya. Jika sinar matahari berada di sebelah kanan, maka Bung Hatta akan duduk di sebelah kanan dan demikian sebaliknya.

4. Gaji Bung Hatta sebagai wakil presiden selalu habis untuk membeli buku. Beliau pernah meminta asistennya untuk mengembalikan dana taktis wapres sebesar Rp 25.000 yang sebenarnya merupakan haknya.

5. Bung Hatta menolak semua tawaran untuk menjabat sebagai komisaris dari perusahaan nasional dan internasional. Bung Hatta juga pernah menolak jabatan yang ditawarkan oleh Bank Dunia. Beliau menganggap menjadi komisaris adalah pekerjaan yang buruk, karena tidak bekerja tapi mendapat gaji bulanan. Beliau tidak mau memakan gaji buta hanya untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

6. Bung Hatta bukan orang yang kaya. Beliau menyimpan guntingan iklan sepatu Bally di dompetnya dan berharap bisa membelinya suatu hari. Namun, sampai meninggal Bung Hatta belum bisa membeli sepatu tersebut.

7. Bung Hatta pernah berjanji tidak akan menikah selama Indonesia masih belum merdeka. Mas kawin yang diberikan saat menikah adalah buku yang berjudul “Alam Pikiran Yunani”.

8. Pendingin ruangan pertama yang dimiliki Bung Hatta dipasang di perpustakaan pribadinya.

9. Bung Hatta tidak suka cara membaca yang melipat sampul depan hingga bertemu dengan sampul belakang.

10. UGM memberi Bung Hatta gelar Doktor Honoris Clausa pada 27 November 1956. UI memberi gelar Bung Hatta gelar Doktor HC di bidang hukum pada tahun 1975. Unpad memberi jabatan Guru Besar Luar Biasa di bidang politik kepada Bung Hatta.

11. Bung Hatta menolak untuk menginjakkan kaki ke Singapura karena negara tersebut menjatuhkan hukuman gantung kepada dua marinir Indonesia. Bung Hatta menganggap bahwa hukuman gantung merupakan penghinaan terhadap negaranya.

12. Sejak beberapa tahun silam, Nama Bung Hatta dijadikan sebuah penghargaan simbol anti korupsi, yang diberi nama Bung Hatta Anti-Corruption Award (BHACA). Penghargaan tersebut diberikan tiap tahun kepada tokoh-tokoh yang dianggap berhasil menjalankan tugas dengan dasar Anti korupsi.

13. Sejak Bung Karno turun tahta pada tahun dan digantikan Soeharto pada tahun 1968. Sejak saat itulah Bung Hatta tidak pernah hadir di upacara resmi kemerdekaan di Istana Merdeka.

14. Makanan yang disenangi Bung Hatta adalah rendang. Menurut Suyatmi Surip, pembantu/juru masak keluarga sejak tahun 1947 sampai dengan Bung Hatta wafat, makanan kesukaan Bung Hatta: sambel goreng buncis, tumis kangkung, sayur bening bayem, sayur asem, semur tebu telor, gulai rebung, singgang ayam, rendang, dan soto.

Business Lounge/VMN/BL

Berbagai sumber.