Mercedes Buatan Amerika, Lebih Laku di Tiongkok

Lima tahun setelah General Motors menutup produksi Hummer di pabrik perakitan AM General di Mishawaka, Indiana,  namun sekarang digalakkan kembali untuk membangun jenis SUV lain, dan itu adalah Mercedes-Benz R Class. Seri R ini baik untuk berbagai lapisan masyarakat, baik untuk keluarga maupun semua orang.

Mercedes-Benz telah mengontrak AM General untuk membangun kelas R,  karena perusahaan mobil mewah tersebut tidak lagi memiliki ruang untuk membangun jenis SUV ini di pabriknya di Vance, Alabama.

Mercedes yang memproduksi sebagian besar SUV-nya, sudah mendekati kapasitas. Untuk memenuhi permintaan, produsen mobil Jerman merakit produksi model populer seperti GLK dan M Class.

Perakitan ini untuk membangun model yang akan dikirim ke China, satu-satunya pasar di mana SUV tersebut dijual.

Pada hari Selasa (10/06), China Association of Automobile Manufacturers mengatakan penjualan ritel kendaraan penumpang turun 6,6 persen pada Juli. Ini adalah ketiga kalinya dalam empat bulan penjualan mobil telah menurun di Cina, pasar mobil terbesar di dunia. Selain itu, China pada Selasa mendevaluasi mata uangnya hampir 2 persen, sebuah langkah yang bisa mengurangi konsumsi mewah Cina.

Sekalipun demikian Presiden AM General Howard Glaser tetap mempertahankan keyakinannya akan keberhasilan penjualan mobil ini. Setelah lima tahun yang panjang, R Class membantu Mishawaka bergairah kembali setelah kehilangan Hummer.

Mercedes mempekerjakan AM General untuk membangun Mercedes kelas R adalah tanda terbaru yang membawa produksi berjalan pada kapasitas puncak.

Setelah mengurangi produksi mobil menjadi 5,6 juta kendaraan pada tahun 2009, industri otomotif Amerika Serikat telah mengadakan pemulihan besar.

Menurut perusahaan konsultan LMC Automotive, yang mengukur produksi mobil di seluruh dunia, bisnis otomotif di Amerika Serikat akan membangun lebih dari 11,8 juta kendaraan tahun ini.

Saat ini, pabrik otomotif AS memanfaatkan 93 persen dari kapasitas mereka, dengan beberapa pabrik bahkan telah mencapai lebih dari 100 persen.

Penjualan Mercedes seri R ini secara global mencapai 17,3%, namun ternyata di China hasilnya lebih besar lagi yaitu mencapai 47,7%.

Dodo/BL/VMN/Journalist
Editor : Ruth Berliana
image : carsbase