Xiaomi Sukses Masuki Pasar Brazil Dengan Viral Marketing

(Business Lounge – Global News) Nama Xiaomi mendadak sontak menjadi hits dan pastinya sudah tidak asing lagi didengar di telinga para pecinta gadget. Xiaomi merupakan perusahaan yang bergerak di bidang teknologi khususnya smartphone yang berpusat di Beijing, Cina. Xiaomi didirikan tahun 2010 oleh mantan CEO Kingsoft, Lei Jun dan telah menjadi salah satu perusahaan dengan startup tertinggi di dunia yaitu senilai USD 45 miliar. Xiaomi sekarang telah mendunia dan menjadi produsen smartphone ketiga terbesar di dunia setelah Samsung dan Apple.

Sekalipun smartphone Xiaomi buatan Tiongkok, tetapi kualitas dan desainnya mampu bersaing di antara merk ternama lainnya di dunia. Dengan spesifikasi yang canggih dan mudah digunakan dengan desain yang modern serta aplikasi yang banyak ditawarkan karena bekerja sama dengan android, Xiaomi mampu mendapat tempat di hati banyak orang. Smartphone andalan Xiaomi di antaranya Xiaomi Mi, Xiaomi Redmi, Xiaomi Mi3, dan paling terbarunya adalah Xiaomi MI4 yang menurut laporan IDC masuk ke dalam daftar 5 perusahaan dengan penjualan smartphone terbesar di dunia. Hal yang membuat Xiaomi banyak diminati orang banyak dan terjual dengan sangat cepat adalah karena harganya yang sangat terjangkau dibanding merk lainnya. Pihak Xiaomi menginginkan agar produknya dapat dijual dengan harga yang semurah mungkin sehingga semua orang dapat membelinya. Hal ini dilakukan pihak perusahaan dengan cara menjual produknya melalui online dan tidak membangun toko fisik tunggal sehingga tidak terjadi overhead yang seringkali memakan biaya yang tidak sedikit.

Sukses Berkat Viral Marketing

Dilansir dari The Wall Street Journal, sebuah wawancara eksklusif dengan Hugo Barra, seorang ahli komputer asal Brazil yang sekarang menjadi wakil presiden internasional Xiaomi mengemukakan rencana ambisius Xiaomi dan kunci kesuksesan mereka. Barra mengatakan bahwa viral marketing sangat membantu dalam penjualan mereka karena kebanyakan orang sekarang lebih memilih berbelanja secara online. Hal ini dibuktikan dengan 40% penduduk Tiongkok membeli smartphone secara online dan diperkirakan hal ini akan menyebar ke seluruh dunia, karena pihaknya menginginkan untuk memberi teknologi yang terbaik dengan harga jual serendah mungkin.

Masuki Pasar Brazil

Selain smartphone, Xiaomi juga mengeluarkan produk lainnya seperi Mi Water Purifier, produk audio, kamera pengawas, dan akan terus mengembangkan produk baru lainnya. Xiaomi kini juga telah menyebarkan produknya ke Brazil, pasar smartphone terbesar ke–4 di dunia dan mendapat respon yang positif dari para penggemarnya. Pemasaran smartphone Xiaomi di India juga berkembang dengan pesat dengan total penjualan 20% di tahun 2014 dan mungkin di tahun 2015 akan bertambah menjadi 30%. Barra juga mengungkapkan bahwa Xiaomi memperlakukan konsumennya seperti teman dengan mendengarkan masukan dari mereka, menghormati pandangan, dan pendapat mereka sehingga dapat membangun ikatan yang lebih seperti keluarga dibanding hanya penjual dan pembeli saja.

Chintya Indah/VMN/BL/Contributor
Editor: Ruth Berliana