(Business Lounge – Global News) Perusahaan integrasi pertukaran data publik Informatica pada Jumat (7/8) mengumumkan bahwa mereka telah resmi menjual perusahaannya sendiri pada perusahaan investasi Permira dan Canada Pension Plan Investment Board dalam kesepakatan senilai USD 5,3 milyar atau setara dengan 71 trilliun rupiah. Rencana tersebut diumumkan pada awal tahun ini.

Microsoft Corp dan Salesforce.com kabarnya juga terlibat dalam pembelian perusahaan tersebut dengan maksud untuk mengambil data perusahaan-software swasta Informatica.

Kesepakatan ini merupakan pembelian perusahaan terbesar sepanjang tahun ini dan dengan begitu Informatica resmi menjadi perusahaan swasta.

Penjualan Informatica

Pemegang saham Informatica telah menyetujui akuisisi oleh dana Permira dan CPPIB pada bulan Juni, setelah perusahaan tersebut menerima tawaran dari beberapa perusahaan yang bersaing.

Penjualan Informatica telah mengalami beberapa turbulensi dari investor sebelum persetujuan akhir. Sebelumnya Informatica telah jatuh ke dalam pertumbuhan yang rendah,  setelah melihat sahamnya melambung dan kemudian jatuh. Meskipun akhirnya saham Informatica dapat tumbuh kembali, setelah bertahun-tahun penjualan bertumbuh untuk mendapatkan kembali tempat mereka.

Akan tetapi Informatica dapat menemukan peluang baru tanpa laba kuartalan yang menahannya dengan siklus penjualan yang sama, Salesforce dan Microsoft akan muncul untuk mendapatkan kesempatan pertama dalam bisnis berpotensi tersebut dengan komitmen yang relatif rendah.

Isi Perjanjian

Menurut ketentuan kesepakatan, pemegang saham menerima USD 48,75 secara tunai dan penurunan pajak, untuk setiap saham yang mereka miliki.

Vanguard Group, BlackRock Fund Advisors dan Elliott Management Corp. adalah pemegang saham terbesar semenjak tanggal 31 Maret.

Bergabungnya Microsoft dan Salesforce

Keterlibatan Microsoft dan Salesforce memiliki pengaruh terhadap keuangan dan implikasi strategis. Kedua perusahaan tidak hanya berdiri untuk mendapatkan laba atas investasi mereka, tetapi juga untuk membantu mitra penting.

Nilai investasi Microsoft dan Salesforce dalam kesepakatan yang diumumkan pada bulan April, belum sepenuhnya diungkapkan.

Perubahan Posisi

Microsoft dan Salesforce Ventures sekarang menjadi investor strategis di perusahaan tersebut. Sohaib Abbasi, yang telah menjadi kepala eksekutif sejak tahun 2004, mengundurkan diri; dia akan melanjutkan jabatannya sebagai ketua perusahaan. Sedangkan kepala petugas produk Informatica, Anil Chakravarthy akan menjadi kepala eksekutif yang baru.

Manfaat Menjadi Swasta

Menjadi perusahaan swasta dapat memungkinkan perusahaan Informatika untuk membangun kembali dirinya jauh dari pengawasan mata investor publik, yang sering secara dangkal terfokus pada keuntungan kuartalan.

Hal ini sudah menjadi bagian dari trend banyaknya perusahaan yang telah berubah menjadi swasta untuk membuat diri mereka lebih kompetitif. Perusahaan seperti Dell, Tibco Software, DAS dan Compuware semuanya telah membuat langkah serupa.

Alvin Wiryo Limanjaya/VMN/BL/Contributor
Editor: Ruth Berliana

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.