(Business Lounge – Global News) Alibaba Group Holding Ltd telah merekrut mantan mitra Goldman Sachs Group Inc, Michael Evans untuk mengawasi ekspansi yang dilakukan perusahaan raksasa e-commerce internasional ini sebagaimana hal yang menjadi prioritas utama perusahaan saat ini adalah untuk mempertahankan tingkat pertumbuhan bisnisnya di luar Tiongkok.

Evans, yang menghabiskan dua dekade di bank investasi pada posisi yang tinggi termasuk sebagai wakil ketua dan kepala di Asia, telah menduduki kursi dewan di Alibaba sejak pertengahan 2014, sebelum perusahaan terdaftar pada bursa saham Amerika.

Alibaba yang sejauh ini merupakan pemain e-commerce terbesar di Tiongkok, mengatakan bahwa mempekerjakan Evans merupakan sebuah isyarat bahwa perusahaan berniat untuk meningkatkan perdagangan lintas batas dengan sungguh-sungguh setelah bertahun-tahun bekerja keras untuk mengamankan posisinya pada pasar domestik.

Para top eksekutif telah lama disebut-sebut memiliki gagasan menghubungkan konsumen Tiongkok yang semakin kaya dengan para produsen, katakanlah seperti produsen daging Amerika Selatan atau pembuat mainan Eropa dan akan menghasilkan miliaran pendapatan tambahan bagi perusahaan.

Evans, yang pernah memimpin kelompok underwriting ekuitas Goldman, sebenarnya tidak memiliki pengalaman langsung dalam bidang e-commerce tapi dipercaya oleh manajemen Alibaba, yang telahdikenal oleh sang pendiri, Jack Ma dan wakil ketua Joseph Tsai selama bertahun-tahun. Evans akan melanjutkan jabatannya sebagai direktur manajemen dan memimpin strategi pertumbuhan Alibaba di luar Tiongkok, dan bertanggung jawab langsung kepada Chief Executive Daniel Zhang, demikian dikatakan perusahaan tersebut. Posisi yang ia duduki saat ini barulah dibuat.

Zhang mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa kemegahan strategi Alibaba Group adalah hal yang paling penting untuk dekade mendatang. Dia menambahkan bahwa Evans telah menjadi penasihat dekat dengan Alibaba Group selama bertahun-tahun, dan perusahaan sangat menghargai pengetahuannya yang mendalam tentang bisnis Alibaba. “Pengalamannya sebagai pembangun bisnis dan pemimpin globaltelah terbukti, dan lebih dari 20 tahun pengalamannya berada di Tiongkok,” demikian dikatakan Zhang seperti dilansir oleh Reuters.

citra/VMN/BL/Journalist
Editor: Ruth Berliana

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.