Bahaya Penyakit Akibat Radiasi, Samsung Siapkan Dana Kompensasi

(Business Lounge – Global News) Raksasa teknologi Samsung Electronics Co Ltd, pada Senin (3/8) akan mengumpulkan dana sebesar ₩ 100 miliar (sekitar IDR 1,1 triliun) untuk mengkompensasi para pekerja dan keluarganya yang terkena kanker, dan sebagai upaya untuk pencegahan penyakit tersebut pada pabrik Chip dan layar milik Samsung.

Samsung mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa dana tersebut akan dibayarkan kepada pekerja atau keluarga mereka yang menjadi sakit saat bekerja di pabrik, termasuk pada tenaga kontrak. Dana tersebut juga akan dipakai untuk penelitian, pengembangan ahli dan metode lain untuk meningkatkan keselamatan pekerja.

Kelompok aktivis Korea Selatan, Sharps, yang mewakili banyak pekerja yang menderita kanker, mengatakan pada hari Senin (3/8) bahwa disadari telah sekitar 200 pekerja yang jatuh sakit setelah bekerja di pabrik Samsung. Sekitar 70 orang dari mereka telah meninggal, demikian menurut organisasi seperti dilansir oleh Reuters. Namun untuk dana yang disiapkan Samsung, organisasi tersebut belum dapat berkomentar.

Ada pun pemberian bantuan tersebut muncul setelah negosiasi antara perusahaan Korea Selatan tersebut, pekerja, dan keluarganya serta para ahli di luar sebagai bentuk tanggung jawab perusahaan untuk pekerja, yang telah dikaitkan dengan beberapa penyakit seperti limfoma dan leukemia akibat kontak yang terlalu lama dengan radiasi atau bahan kimia berbahaya yang digunakan di pabrik-pabrik Samsung.

Samsung meminta maaf kepada publik pada Mei 2014 untuk pekerja dan keluarganya yang terkena penyakit tersebut. Hal ini menjadi titik balik pada sengketa yang telah berlangsung hampir satu dekade.

nancy/VMN/BL/Journalist
Editor: Ruth Berliana