Jumlah Pengguna Bertambah, Facebook pun Menguntung

(Business Lounge – Global News) Facebook Inc melaporkan pendapatan kuartalannya yang melebihi perkiraan tetapi laba yang diperoleh turun 9 persen oleh karena pengeluaran perusahaan media sosial tersebut yang meningkat tajam guna meningkatkan pendapatan seluler dan pertumbuhan di masa depan.

Biaya akan bertambah dari 55 menjadi 60 persen pada tahun 2015 pada tahun lalu, termasuk melompat menjadi 82 persen pada kuartal kedua senilai $ 2,77 miliar, demikian seperti dilansir oleh Reuters.

“Kami berinvestasi pada rangkaian layanan berikutnya dan apa yang akan diinvestasikan pada masa depan seperti Messenger, WhatsApp, dan Oculus,” demikian dikatakan Chief Operating Officer Sheryl Sandberg dalam sebuah wawancara pada hari Rabu setelah dirilisnya laporan laba. Dia merujuk pada dua layanan pesan Facebook dan virtual reality pembuat headset Oculus Rift, yang produk pertama bagi konsumen belum diluncurkan.

Messenger memiliki lebih dari 700 juta pengguna dan aplikasi telah diunduh lebih dari 1 miliar kali di Android, Google Inc’s mobile operating system, demikian dikatakan Facebook. Selama bulan-bulan mendatang, Facebook akan menambahkan format iklan baru untuk aplikasi berbagi foto Instagram, yang diluncurkan di Brazil, Jerman, dan Jepang pada kuartal kedua, demikian keterangan Sandberg seperti dirilis oleh Reuters.

Saham Facebook jatuh lebih dari 3 persen. Facebook, jejaring sosial terbesar di dunia, terus memperluas jangkauannya, meraih 1,49 miliar pengguna aktif bulanan pada tanggal 30 Juni, naik 13 persen dari tahun sebelumnya. Dari jumlah tersebut, 1,31 miliar pengguna mengakses layanan melalui perangkat mobile, naik 23 persen.

Pengguna aktif harian meningkat menjadi 968 juta pada bulan Juni, naik 17 persen dari bulan yang sama tahun lalu. Perusahaan riset pasar FactSet StreetAccount telah memperkirakan sejumlah 1,48 miliar pengguna aktif bulanan, dengan 1,29 miliar mengaksesnya pada ponsel, dan 960 juta pengguna aktif harian. Jelas terlihat bagaimana pengguna lebih terlibat daripada sebelumnya. Ada pun persentase pengguna bulanan yang mengunjungi facebook setiap hari terus berkembang.

Untuk kuartal tersebut, pendapatan melonjak menjadi $ 4,04 miliar dari $ 2,91 miliar.

Laba bersih kepada pemegang saham jatuh menilai $ 715 juta atau 25 sen per saham, dari $ 788 juta, atau 30 sen per saham, dibandingkan setahun sebelumnya.

citra/VMN/BL/Journalist
Editor: Ruth Berliana