lava-iris-x5

Lava Iris X5 4G, Generasi Terbaru Android One Dengan Spesifikasi Yang Bikin Ngiler

(Business Lounge – Tech & Gadget)  Google tampaknya tidak menyerah untuk melanjutkan produksi smartphone miliknya yang khusus dibuat untuk pasar low-end. Setelah peluncuran perdana smartphone Android One, perusahaan Silicon Valley ini sudah siap untuk membawa smartphone murah ke level berikutnya.

Tentu, ini merupakan salah satu program Google untuk menawarkan pengalaman bagi penggemar Android yang mungkin tidak mampu untuk membeli perangkat high-end miliknya seperti Nexus atau perangkat Google Play Edition.

Saat peluncuran Android One, raksasa mesin pencari memilih India sebagai basis pemasarannya, seperti diketahui negara Bollywood ini merupakan pasar potensial untuk menawarkan perangkat yang terjangkau.

Di India, Google menggandeng perusahaan lokal seperti Micromax, Karbonn, Lava atau Spice untuk membanjiri pasar dengan penawaran yang murah.

Penjualan Android One yang diproduksi oleh beberapa OEM India memang cukup mengecewakan, namun Google tampaknya tidak ambil pusing atas hasil yang tidak memuaskan tersebut, justru perusahaan sedang menyiapkan generasi Android One berikutnya dan diproduksi oleh perusahaan India lagi.

Untuk meluncurkan Android One generasi berikutnya, Google telah memilih Lava untuk memproduksi smartphone tersebut. Kabarnya Lava sudah mulai mengirimkan undangan untuk sebuah cara yang dijadwalkan tanggal 27 Juli. Di undangan terdapat tulisan “Witness the Power of 1” yang cukup membuat penasaran banyak orang.

Spesifikasi Generasi Penerus Android One

Dalam beberapa hari kedepan Android One akan diluncurkan oleh Lava, dan smartphone ini akan disebut Lava Iris X5 4G. Di lihat dari spesifikasi yang ada, Lava Iris X5 4G dibesut dengan spesifikasi yang lebih tinggi dibanding Android One terdahulu.

Lava Iris X5 4G akan didukung dengan layar sentuh kapasitif IPS LCD 4.6 inci, dengan kualitas HD (720p), dilengkapi dengan prosesor quad-core 1.3GHz MT6753 MediaTek, GPU Mali-T720, RAM 2GB, memori internal 16GB, ditambah slot kartu microSD untuk penambahan kapasitas hingga 32GB. Smartphone akan berjalan dengan sistem operasi Lollipop 5.1.

Tidak sampai di situ saja, Lava Iris X5 4G akan memiliki kamera yang mumpuni, yakni kamera 13MP pada bagian belakang, dengan autofocus, LED flash dan kemampuan merekam video 4K, serta kamera 8MP pada bagian depan.

Bagaimana menurut Anda? spesifikasi yang sangat menggiurkan bukan? sayangnya, belum ada informasi apakah perangkat ini juga akan dijual di Tanah Air.

Yusnia/VMN/BL/Senior Analyst-Vibiz Research Center
Editor : Evi Fog