Bawahan Anda Membutuhkan Seorang Chief Inspiration Officer

Sparrow Take a Lead

(Business Lounge – Lead & Follow)

Our chief want is someone who will inspire us to be what we know we could be” (Ralph Waldo Emerson).

Apa yang dikatakan oleh seorang filsuf berkebangsaan Amerika, Ralph Waldo Emerson (1803 – 1882) merupakan apa yang diharapkan oleh kebanyakan pengikut. Bahwa kebanyakan orang menginginkan seorang pemimpin yang dapat memberikan inspirasi kepada mereka. Sering kali seorang pengikut tidak tahu apa yang menjadi masa depannya, atau apakah ia dapat menjadi berhasil, atau pun bagaimana untuk dapat berbuat lebih. Dalam hal ini, seorang pengikut membutuhkan arahan dan energi sehingga ia dapat sampai pada masa depannya. Di sinilah peranan seorang pemimpin yang memberikan inspirasi yang dibutuhkan.

Jika sering kali tindakan Anda memberikan inspirasi bagi pengikut Anda untuk dapat berbuat lebih banyak, bekerja lebih keras, bermimpi lebih tinggi, maka Anda adalah seorang pemimpin yang menginspirasi.

Menjadi Seorang Chief Inspiration Officer

Mungkin Anda sudah tidak asing lagi dengan istilah Chief Inspiration Officer, namun apakah pengertiannya yang sesungguhnya? Apakah seorang pemimpin tertinggi atau seorang Chief Executive Officer sudah pasti seorang Chief Inspiration Officer?

Jika Anda adalah seorang pemimpin, maka Anda harus memahami bahwa salah satu peranan penting Anda adalah memberikan inspirasi kepada semua pengikut Anda sehingga mereka dapat berhasil di kemudian hari. Dengan kata lain seorang pemimpin harus memikirkan masa depan setiap pengikutnya dan memberikan inspirasi kepada pengikutnya untuk mereka dapat sampai ke sana.

Memberikan inspirasi bukan berarti memberikan perintah atau instruksi tanpa sebuah pengertian. Memberikan inspirasi bukan berarti memberikan target tanpa memberikan arah bagaimana mencapainya. Memberikan inspirasi bukan hanya berfokus kepada penghasilan yang dicapai tanpa perduli berapa energi yang masih tersedia.

Tetapi, memberikan inspirasi adalah ketika seorang pemimpin dapat menanamkan nilai-nilai dan budaya yang tepat sebagai dasar yang kuat untuk sebuah keberhasilan. Memberikan inspirasi adalah ketika seorang pemimpin dapat menyalurkan ‘energi yang baik’ kepada seluruh pengikutnya sehingga mereka dapat merasa bersemangat untuk mencapai target mereka bahkan mendapatkan lebih. Memberikan inspirasi adalah ketika seorang pemimpin dapat menjalin komunikasi dua arah yang diakhiri dengan kesimpulan sebagai arahannya.

Chief Inspiration Officer di mata Pengikutnya

Seorang pemimpin yang menginspirasi adalah seorang komunikator yang luar biasa, ia tidak akan berdiam diri sebelum apa yang dipikirkannya dapat disampaikan kepada semua pengikutnya. Seorang chief inspiration officer akan selalu memberikan nilai-nilai yang kuat yang tersirat dalam kerajinannya, kerja kerasnya sesuai dengan visi dan misi yang diembannya.

Seorang Chief Inspiration Officer bagaikan magnet bagi para pengikutnya, dan semua pengikutnya akan ‘tertular’ semangatnya, keantusiasannya, serta energi yang dimilikinya. Tidak jarang karyawan ingin bekerja untuknya, investor ingin kembali lagi padanya, pelanggan ingin kembali membeli produknya, dan banyak orang ingin menjadi bagian dari dunianya.

Dimulai dengan Berpikiran Positif

Bagaimakah untuk Anda dapat menjadi seorang Chief Inspiration Officer? Mulailah dengan memiliki pikiran positif, tentang diri Anda, tentang rekan Anda, dan tentang bawahan Anda. Berpikirlah positif tentang bisnis Anda dan keberhasilannya. Berantusias bahwa Anda dapat mencapainya sehingga mereka yang menjadi bawahan Anda pun akan ikut serta di dalam keantusiasan Anda.

Mungkin Anda belum sampai pada posisi yang tinggi saat ini, mungkin Anda bukan seorang CEO, tetapi Anda dapat menjadi seorang Chief Inspiration Officer.

Bersambung: Bagaimana Menjadi Chief Inspiration Officer

ruth_revisiRuth Berliana/VMN/BL/Managing Partner Human Capital Development